alexametrics

5 Langkah Membuat Secangkir Kopi yang Sehat

20 November 2019, 10:50:35 WIB

JawaPos.com – Meningkatkan mood dengan secangkir kopi adalah salah satu cara yang paling jitu untuk memulai hari. Secangkir kopi bisa menyehatkan asalkan tidak ditambah gula. Sebab kandungan kopi, seperti kafein, gula, krim, dan susu yang berlebihan akan memberi efek negatif pada tubuh.

Nah, karena itu, penting bagaimana cara Anda menyiapkan secangkir kopi. Dilansir dari New Times, Rabu (20/11), beberapa cara bisa Anda lakukan dalam meracik kopi yang sehat. Apa saja?

1. Tambahkan Bahan Herbal

Anda dapat menggunakan beberapa bahan alami untuk dicampur dengan kopi. Misalnya lemon, jahe, mint, dan banyak lagi. Sehingga kopi akan lebih segar diseruput di tengah cuaca panas.

2. Batasi Gula

Batasi gula dalam kopi. (MD Anderson)

Kopi krim dan gula tidak akan menimbulkan masalah jika Anda sesekali meminumnya. Namun jika minum lebih dari tiga cangkir setiap hari bisa memicu penyakit. Bayangkan, mengonsumsi 8 hingga 10 sendok gula setiap hari dalam kopi akan menaikkan kadar gula darah dalam tubuh dan berakhir dengan obesitas dan diabetes.

3. Higienis

Lebih baik membeli kopi yang sudah pasti bersih dan higienis di tempat yang juga bersih. Sebab kopi yang trcemar bakteri juga bisa mengganggu pencernaan.

4. Topping Kayu Manis

Kayu manis mengandung sifat antioksidan. Sangat efektif untuk melawan masalah gula darah yang tinggi. Jika menggunakan topping bubuk kayu manis dalam kopi bisa menjadi pengganti gula.

5. Topping Cokelat

Cokelat bubuk adalah agen antioksidan yang baik. Selain mencegah dari masalah jantung, cokelat juga bisa menambah rasa yang enak untuk kopi.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads