alexametrics

Oscar Lawalata Ajak Masyarakat Pakai Batik Tulis di Hari Jumat

20 Oktober 2018, 11:31:49 WIB

JawaPos.com – Memakai batik memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Bukan hanya bangga terhadap tren atau motifnya, tetapi bangga terhadap pengrajin lokal yang menciptakan batik dengan begitu indah.

Oscar Lawalata, desainer kondang tanah air, mengungkapkan bahwa kewajiban memakai batik setiap hari Jumat merupakan suatu kesempatan untuk menghargai pengrajin. Namun yang menjadi masalah, batik yang dipakai kebanyakan masih batik cetak.

“Setiap Jumat diwajibkan memakai batik, mereka membeli sesuai kemampuan, tetapi di luar mereka tidak tahu mana cetak dan mana tulis, kan kasihan mematikan pengrajin,” ucap Oscar Lawalata, ketika ditemui di acara fashion show ‘Batik For The World’, di Plaza Mandiri, Jakarta Selatan, Jumat (19/10).

Oscar Lawalata Ajak Masyarakat Pakai Batik Tulis di Hari Jumat
Perhelatan Batik for The World adalah kerja sama Bank Mandiri dan Desainer Oscar Lawalata dalam mengembangkan industri kreatif berbasis batik tenun hasil kreasi perajin binaan Rumah Kreatif BUMN. (Dery Ridwansah/Jawa Pos)

Ia menambahkan, saat ini memang sangat sulit membedakan antara batik tulis dengan cetak karena kecanggihan mesin. Padahal batik cetak harganya sudah hampir menyamai batik tulis.

Biasanya ciri-ciri batik tulis dilihat dari bolak balik kain itu sendiri yang tidak simetris.

“Kita hargai dulu pengrajin yang sudah mengerjakan 6 bulan, kain Indonesia kita hargai prosesnya bukan hanya karena motifnya yang lucu,” lanjutnya.

Hal ini semakin membuat Oscar lebih tertantang untuk mengangkat batik di Indonesia, karena batik Indonesia berbeda dengan yang lain. Batik Indonesia memiliki nilai yang tinggi karena memiliki proses yang cukup panjang oleh pengrajin.

Editor : Deti Mega Purnamasari

Reporter : (Inr/JPC)



Close Ads
Oscar Lawalata Ajak Masyarakat Pakai Batik Tulis di Hari Jumat