alexametrics

Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membeli dan Memakai Baju Bekas

20 Agustus 2019, 10:36:59 WIB

JawaPos.com – Peminat baju bekas atau preloved ternyata saat ini semakin banyak di pasaran seiring tumbuhnya berbagai toko di media sosial. Biasanya para penjual di media sosial, menjual baju-baju bekas dengan harga yang jauh lebih murah. Tapi dalam kondisi yang masih bagus.

Lalu, apa saja sih yang perlu diperhatikan saat membeli baju bekas?

Karena baju yang dijual bekas alias pernah dipakai orang lain, maka harus teliti dalam membeli dan memakainya. Sebab baju tersebut akan bersentuhan langsung dengan kulit. Dilansir dari Fashion Journal, Selasa (20/8), ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli dan memakai barang preloved.

1. Cek Harga

Keuntungan membeli barang bekas adalah Anda bisa mendapatkan produk bermerek dengan harga yang lebih rendah. Merek Gucci bisa diperoleh dengan harga yang bisa sampai setengah dari harga baru. Jika kondisinya masih bagus, tak akan ada yang tahu itu preloved atau bukan.

Ilustrasi cek harga terlebih dulu sebelum membeli. (Banking Rates)

2. Selektif Memilih Toko

Pasar online memiliki pilihan terbesar, penawaran terbaik, dan kemampuan untuk mencari apa yang Anda inginkan. Namun tetap harus selektif dalam membelinya apagi jika harganya masih fantastis. Lebih baik membeli di situs terpercaya dan dari kenalan teman atau jaringan yang sudah dikenal. Sehingga Anda tidak tertipu barang tiruan. Bahkan kondisinya bisa lebih bagus. Akan lebih baik jika barang branded dibeli dari penjual dengan perantara yang Anda kenal untuk menjamin keaslian produk. Sehingga pembelian bisa terjamin dari barang palsu.

3. Sesuaikan Kebutuhan dan Keinginan

Apa yang inginkan tergantung pada selera pribadi, maka cek lagi apa yang Anda butuhkan. Misalnya ingin memiliki produk bermerek seperti Louis Vuitton dan Chanel atau LV tetap memoliki nilai investasi yang baik. Harga ecerannya pun terus naik. Jika menginginkan busana preloved, maka sesuaikan dengan selera, kebutuhan, dan jenis barangnya. Sehingga Anda akan mendapatkan barang preloved yang memuaskan.

4. Teliti, Jangan Tertipu

Murah bukan berarti membuat kita tergiur langsung membelinya. Sebab harga yang murah bisa menjadi celah penipuan atau barang palsu. Kuncinya adalah lebih teliti pada item sebelum membeli. Sebelum membeli, lebih teliti bertanya pada penjual. Apakah ada cacat atau robek, kesalahan desain, jahitan yang tidak rata atau ritsleting rusak.

5. Foto Produk

Foto juga sangat penting. Penjual yang baik akan memposting banyak foto, menunjukkan sebanyak mungkin sisi dari item tersebut. Pastikan gambar belum diambil dari situs lain, dan jika ragu, selalu minta foto yang lain. Perincian close-up, nomor seri atau tanda tangan merek bisa menjadi indikator keaslian yang baik. Penjual pasti menyimpan kwitansi, sertifikat dan kemasan aslinya.

Ilustrasi mencuci baju bekas. (Better Home and Garden/Getty)

6. Wajib Dicuci

Founder Irresistible Bazaar Marisa Tumbuan dan Pemilik Akun Toko @PrelovedJateng, Sienny menjelaskan betapa pentingnya mencuci sebelum mengenakan busana preloved. Bahkan tak hanya preloved, busana baru pun wajib dicuci dulu sebelum dipakai. Sebab busana tersebut pasti dijual dari tempat ke tempat lainnya yang bisa saja membuat kuman menempel.

“Wajib dicuci dulu ya, karena enggak hanya baju second, baju baru pun, kebersihannya juga harus dijaga. Kan barang berpindah-pindah tempat,” ungkap Sienny.

7. Model Busana

Jika Anda termasuk orang yang memerhatikan tren mode, sebaiknya tetap memerhatikan syarat yang satu ini. Jangan sampai membeli busana yang sudah ketinggalan zaman atau kuno. Membeli busana yang tidak terlalu lama tahun pembuatannya bisa menjadi pilihan.

“Biar dibilang enggak up-to-date atau ketinggalan zaman, kita bisa tanya sih tahun produksinya. Jadi bisa tetap fashionable,” kata pembeli barang preloved Sukma Sari.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads