alexametrics

4 Resep Air Rebusan Kayu Manis Untuk Tubuh Sehat

20 April 2019, 08:19:19 WIB

JawaPos.com – Gaya hidup sehat kembali ke alam atau back to nature memang sedang tren saat ini. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman herbal dari rempah alami seperti kayu manis.

Kayu manis adalah rempah yang mudah diperoleh dan aromanya khas. Dilansir dari NDTV, Sabtu (20/4), ada beberapa manfaat kesehatan dari kayu manis.

Pertama, kayu manis adalah bumbu padat nutrisi yang sangat baik untuk memangkas lapisan lemak. Kedua, kayu manis mengandung antioksidan polifenol dan proanthocyanidins, yang meningkatkan sistem kekebalan dan memperbaiki kerusakan jaringan.

Lalu ketiga, kayu manis menjaga perut kenyang untuk waktu yang lama. Bahkan, kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi pada perut kembung. Terakhir, kayu manis juga bagus untuk kesehatan jantung dan sistem pencernaan.

Nah untuk mendapatkan manfaatnya, ada empat cara atau resep membuat air rebusan kayu manis. Yakni dengan mencampur rempah lainnya ke dalam air rebusan kayu manis.

Rebusan Madu Kayu Manis

Keuntungan mengonsumsi madu dan kayu manis sangat menyehatkan. Tambahkan satu sendok teh madu ke dalam cangkir yang berisi air rebusan kayu manis untuk menjaga daya tahan tubuh.

kayu manis, madu,
Minuman kayu manis campur madu dianggap bisa membantu menjaga kesehatan. (iStockphoto)

Rebusan Lemon Kayu Manis

Lemon penuh dengan vitamin dan antioksidan penting yang membuang racun dari tubuh hingga menjaga sistem pencernaan lancar. Campurkan perasan lemon dan satu sendok teh bubuk kayu manis ke air mendidih. Minumlah selagi hangat.

Rebusan Kunyit Kayu Manis

Rendam satu batang kayu manis dan setengah sendok teh bubuk kunyit ke dalam air. Lalu rebuslah bersama hingga mendidih. Sifat gabungan dari kedua rempah-rempah membuat minuman ini benar-benar bergizi.

Rebusan Kayu Manis, Jahe, Cengkeh

Ambil setengah batang kayu manis, sepotong jahe, dan dua buah cengkeh. Campur dalam air mendidih. Saring dan minumlah hangat. Lalu bisa menambahkan madu dalam rebusan ini.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads