alexametrics

7 Cara Aman Penggunaan Alat Make-Up yang Aman dari Virus Korona

20 Maret 2020, 19:20:38 WIB

JawaPos.com – Merias diri adalah salah satu aktivitas wajib bagi kaum hawa. Sekalipun di rumah saja karena pandemi virus korona, tetap saja perempuan harus merawat dirinya tetap bersih dan cantik.

Salah satu aktivitas sehari-hari yang tak kalah penting untuk dijaga kebersihannya adalah saat ber-make-up ataupun mengaplikasikan produk perawatan wajah. Apalagi, aktivitas ini paling erat kaitannya dengan sentuhan tangan ke wajah. Maka merias diri pun harus tetap memerhatikan keamanan dari penularan berbagai virus.

“Kami mengerti bahwa kebutuhan untuk tampil cantik dan sehat dapat meningkatkan rasa percaya diri. Maka simak tips tetap aman dari virus sambil ber-makeup cantik,” kata Co-Founder dan CMO Social Bella, Chrisanti Indiana dalam keterangan tertulis, Jumat (20/3).

1. Mulai dan akhiri dengan tangan yang bersih

Biasakan cuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir sebelum ber-make-up dan mengaplikasikan produk perawatan wajah. Pastikan tangan sudah benar-benar bersih, termasuk bagian bawah kuku dan sela-sela jari. Jangan lupa untuk juga mencuci tangan setelah mengaplikasikan makeup.

2. Hindari Ber-Make-Up di Tempat Umum

Meskipun saat ini pertemuan secara langsung dibatasi, tapi ada beberapa acara yang tidak mungkin terhindarkan seperti pernikahan, rapat krusial ataupun bekerja di kantor. Nah, lebih baik ber-make-up lah di rumah sebelum berangkat ke tempat-tempat tersebut untuk meminimalisasi alat make-up terpapar virus dan bakteri, misalnya ketika di toilet umum atau transportasi umum.

3. Jangan Bertukar Alat dan Produk Make-Up dengan Orang Lain

Bukan hal yang tidak lazim bagi perempuan untuk saling meminjamkan produk atau alat make-up pada teman ataupun bahkan orang lain. Tapi patut selalu diingat, seperti barang-barang lain pada umumnya, alat make-up juga rentan dalam menyebarkan bakteri dan virus. Kamu harus lebih berhati-hati atau gunakan saja alat make up milik sendiri.

4. Bersihkan Alat Make-Up Secara Berkala

Bukan hanya membersihkan wajah, penting juga membersihkan alat make-up secara berkala untuk menghindari paparan bakteri dan virus ke wajah. Rendamlah secara berkala terutama kuas, spons, atau beauty blender dengan air hangat. Selain itu, kita juga bisa mengelap packaging make-up kita semisal lipstik, bedak, blush on dengan cairan alkohol atau tissue anti bakteri. Setelah itu pastikan alat tersebut kering sebelum dipakai kembali untuk menghindari jamur.

5. Membeli Produk Make-up secara Online

Mencoba dan merasakan langsung produk make-up ke diri kita menjadi salah satu poin penting dalam berbelanja make-up. Namun, jika ingin mendapatkan keamanan, apalagi di tengah seruan social distancing saat ini, membeli produk make-up secara online juga dapat menjadi alternatif, sehingga dapat mengurangi interaksi dengan keramaian.

6. Hindari Penggunaan Tester Produk Langsung ke Wajah

Terlepas dari adanya virus bahaya COVID-19 atau tidak, menggunakan tester dengan benar harus selalu dilakukan untuk mengurangi risiko tertular penyakit atau bakteri. Lebih berhati-hati dalam mengaplikasikan tester produk kecantikan ke wajah. Contohnya saja dalam mencoba lipstick, cukup oleskan di tangan atau bagian lain kulit.

7. Makan dan Minum Bernutrisi

Terakhir, aspek penting lain untuk selalu tampil cantik dan sehat bukan hanya dari luar, tapi juga penting untuk menjaga kebugaran tubuh dari dalam. Rajinlah minum air putih serta makan makanan yang bergizi untuk menjaga kesehatan kulit. Karena kulit dan badan yang sehat akan menunjang make up lebih berkilau.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads