alexametrics

Ghea Panggabean Ciptakan Koleksi Kaftan Bergaya Turki untuk Lebaran

19 Mei 2020, 21:47:43 WIB

JawaPos.com – Kaftan memang selalu jadi favorit saat Lebaran. Desainer Ghea Panggabean menawarkan kaftan unik bergaya Turki. Lewat koleksi terbarunya melalui label Ghea Fashion Studio dan Ghea Resort di acara Raya Stream Fest, Ghea mengambil tema Tales of Tiles.

Koleksi ini mengambil inspirasi dari perjalanan sang desainer ke Topkapi Palace dan kompleks Harem di Istanbul, Turki. Dia jatuh cinta dengan berbagai ornamen Turki yang otentik.

“Ini terinspirasi dari pengalaman saya pada bangunan dan ruangan yang dihiasi keramik Iznik khas Turki mencuri perhatian Ghea yang menerjemahkan kecantikan motif ikonis tersebut ke dalam koleksi busana modern bergaya bohemian dan eklektik,” katanya dalam konferensi pers virtual, baru-baru ini.

Inspirasi dari keramik Iznik yang merupakan mahakarya seni perpaduan antara motif tradisional Ottoman, Arabesque, dan motif keramik Ming asal Tiongkok, menjadi alasan dominasi warna biru dalam koleksi ini. Dipadukan dengan susunan motif yang memberi kesan modern, nuansa biru
diwujudkan dalam rancangan busana wanita serba panjang. Seperti kaftan, outerwear, jaket panjang, tunik, serta celana bell-bottom, legging, dan juga scarf.

Untuk melengkapi kebutuhan fashion keluarga, koleksi Tales of Tiles juga dirancang khusus untuk anak-anak melalui label Ghea Kids, dan untuk pria dalam seri kemeja. Potongan yang sederhana dan penggunaan bahan chiffon, jersey, dan katun yang nyaman menjadikan koleksi ini koleksi yang tepat untuk merayakan lebaran bersama keluarga.

Tak lupa, Ghea tetap menghadirkan koleksi kaftan putih yang sudah menjadi ciri khasnya. Koleksi ini dirancang dengan potongan yang elegan dan dihiasi aplikasi bordir dan print emas dengan ornamen motif songket Palembang, pending Sumatra, dan baroque Jawa. Untuk memberi kesan mewah, Ghea juga menghadirkan kaftan dengan bordir emas khas Ghea yang cocok dipadukan dengan koleksi kaftan putihnya.

Amanda dan Janna, dua putri kembar Ghea juga memamerkan koleksi ‘Sumba’ dari Ghea Resort. Terinspirasi dari konsistensi sang ibu selama 40 tahun yang memadukan budaya tradisional dengan gaya modern, Akeduanya menerjemahkan motif ke dalam koleksi busana resort yang kasual.

Berbeda dari sang ibu, melalui ‘Sumba’, mereka meluncurkan koleksi busana kemeja, celana pendek, sarung, dan reversible coat dengan motif ikat Sumba berbahan katun dan rayon. Mereka menggunakan motif Sumba dalam warna cokelat dan indigo yang dikembangkan oleh Ghea, yang terinspirasi dari kain lebar Sumba, serta pantai-pantai di sepanjang pesisir pantai Sumba Barat hingga Sumba Timur.

Menjunjung tinggi prinsip sustainable fashion, Ghea Resort juga memproduksi masker kain hasil daur ulang sisa kain Sumba. Dan sebagian hasilnya disumbangkan untuk penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis yang berjuang melawan Covid-19.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads