alexametrics

Hias Rumah dengan 6 Tanaman yang Bisa Kurangi Tingkat Stres

19 April 2019, 07:52:24 WIB

JawaPos.com – Selain mempercantik pekarangan, tanaman hijau dan bunga juga bisa menambah kesan manis sebagai interior di dalam rumah. Bahkan, tanaman hijau dan bunga yang ditanam di rumah ternyata bisa mengusir stres dan memberikan ketenangan jiwa.

Seperti dilansir dari Pop Sugar, Jumat (19/4), tanaman hijau dan bunga juga dapat meningkatkan produktivitas kerja hingga 15 persen. Menurut penelitian, merawat tanaman dalam ruangan dapat bisa mengurangi jumlah stres fisiologis dan psikologis yang dialami sepanjang hari.

Dalam penelitian juga disebutkan kalau tanaman dalam ruangan bisa menekan kerja sistem saraf  simpatik. Maka ada 6 tanaman yang bisa menjadi pilihan untuk mempercantik rumah sekaligus bahan terapi penghilang stres.

1. Lavender

Lavender terkenal karena efeknya yang menenangkan dan sangat cocok untuk disimpan di meja atau di samping tempat tidur untuk membuat tidur malam yang nyenyak. “Lavender adalah senjata anti kecemasan yang hebat,” jelas Ahli Tanaman dan Bunga Donna Letier.

Aromanya diketahui memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah serta tingkat stres. Tanaman ini juga mengurangi beberapa bentuk depresi.

lavender, tanaman,
Aroma Lavender dipercaya menenangkan pikiran. Pexels / Pixabay)

2. Rosemary

Letier juga mengatakan rosemary adalah tanaman yang sempurna untuk ditambahkan ke dalam bak mandi sehingga membuat tubuh rileks. Rosemary tidak hanya mengurangi stres, tetapi juga terbukti meningkatkan fungsi memori.

“Saya pribadi suka menghirup rosemary ketika saya mengalami jenuh saat bekerja,” jelasnya.

3. Kemangi Suci atau Tulsi

Tanaman kemangi suci (juga dikenal sebagai tulsi) tidak hanya terlihat unik, tetapi juga memiliki manfaat luar biasa bagi pikiran dan tubuh. Tanaman beraroma indah ini diyakini memiliki manfaat adaptogenik.

“Dan penelitian menegaskan tanaman ini melindungi tubuh dari stres,” kata Letier.

Selain diletakkan dalam sudut ruangan atau pekarangan, ia menyarankan untuk mengambil beberapa daun dari tanaman kemangi lalu letakkan di telapak tangan. Kemudian menghirup aromanya. Itu akan membantu perasaan negatif lenyap.

4. Daun Mint

Simpan beberapa tanaman mint di sekitar rumah jika Anda sering merasa cemas atau letih. Mint membantu menjaga kecemasan dan kegelisahan.

“Tanaman mint merangsang pikiran dan meningkatkan suasana hati untuk menghasilkan perasaan percaya diri dan optimisme,” kata Letier.

5. Geranium

Geranium tidak hanya enak dilihat, tetapi juga memiliki beberapa efek positif pada tubuh. Aromatik dan minyak esensial yang dihasilkan oleh dedaunan dalam bunga ini mendorong tubuh untuk memproduksi serotonin, yang berkaitan dengan perasaan kebahagiaan. Selain kemampuannya untuk mengangkat suasana hati Anda, bunga ini bisa digunakan di kamar mandi sebagau detoksifikasi yang sehat.

6. Bunga Teratai

Spathiphyllum, juga dikenal sebagai bunga teratai, adalah tanaman berbunga yang sangat mudah dirawat yang juga dapat tumbuh subur di lingkungan yang kurang cahaya. Bunga teratai adalah tanaman yang indah dengan bunga-bunga yang menawarkan aroma yang indah dan menenangkan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads