alexametrics

Raih 5 Khasiat Makan Buah Naga dengan Perasan Jeruk Nipis

19 Maret 2019, 11:25:00 WIB

JawaPos.com – Buah naga memiliki penampilan yang unik dengan rasa asam manis dan tekstur yang renyah. Buah naga diketahui mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.

Dilansir dari Medical News Today, Selasa (19/3), menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu buah naga memiliki nilai gizi yang kaya dalam porsi 100 gram. Di antaranya kalori: 264 gram, protein: 3,57 gram, lemak: 0 gram, karbohidrat: 82,14 gram, serat makanan: 1,8 gram, gula (total): 82,14 gram, kalsium: 107 miligram, zat besi: 0 gram, sodium: 39 miligram, vitamin C: 6,4 miligram, dan kolesterol: 0 miligram.

Seseorang dapat mengiris dan memakan buah naga dengan sederhana. Makan daging buah naga secara menyeluruh, termasuk biji hitam kecil karena mengandung serat yang dapat menambah manfaat kesehatan.

jeruk nipis, manfaat jeruk nipis, buah naga, manfaat buah naga,
Mengosumsi buah naga bisa ditambahkan dengan perasan jeruk nipis untuk memerkaya rasa. (Chowhound)

Untuk mendapatkan hasil lebih maksimal untuk kesehatan, bisa ditambahkan dengan perasan jeruk nipis. Potong buah naga menjadi setengah memanjang. Jika diinginkan, potong buah sekali lagi menjadi empat bagian. Keluarkan kulit luarnya dan buang bagian merah muda yang tersisa dari buah. Lalu tambahkan perasan jeruk nipis di atas buah untuk menambah rasanya dan vitamin C yang terkandung.

Seseorang juga bisa membuat jus buah naga atau ke dalam hidangan makanan lalu tambahkan perasan jeruk nipis. Tapi, untuk Anda yang sedang dalam pemgawasan dokter, lebih konsultasi terlebih dulu ya.

Antioksidan

Menurut sebuah penelitian di African Journal of Biotechnology, buah naga mengandung antioksidan betacyanins dan betaxanthins. Senyawa ini menetralkan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah senyawa dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Kontrol Gula Darah

Efek dari mengonsumsi buah naga bisa ikut mengontrol glukosa darah. Ini karena buah naga mendorong pertumbuhan sel pankreas yang memproduksi insulin.

Kaya Vitamin dan Mineral

Menurut penelitian dalam World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, nutrisi yang terkandung dalam buah naga adalah magnesium, fosfor, potasium, vitamin A, vitamin C, seng. Buah ini juga mengandung kalsium dan tembaga dalam jumlah yang lebih kecil, yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan.

Prebiotik

Makan buah naga memiliki efek prebiotik pada tubuh yang meningkatkan pencernaan dan memelihara bakteri usus seperti disebutkan dalam Electronic Journal of Biotechnology. Buah naga mengandung karbohidrat yang disebut oligosaccharides, yang membantu merangsang pertumbuhan bakteri sehat di lambung dan usus.

Asam Lemak Sehat

Menurut penelitian dalam Jurnal Dunia Ilmu Farmasi dan Farmasi, buah naga mengandung asam lemak, termasuk asam lemak omega-3 dan omega-9 serta minyak alami.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads
Raih 5 Khasiat Makan Buah Naga dengan Perasan Jeruk Nipis