alexametrics

3 Tips Menyantap dan Mengolah Steak Agar Lebih Lezat

18 Desember 2018, 09:50:27 WIB

JawaPos.com – Menu steak memang diminati semua umur. Namun tak semua menu steak bisa memiliki cita rasa lezat dengan tingkat kesegaran dan kekenyalan daging yang terjaga. Pastinya ada rahasia dan strategi memasak di balik steak yang lezat.

Resto steak Karnivor asal Bandung yang membuka gerainya di Margo City, Depok, menawarkan berbagai menu steak ukuran besar kepada pengunjungnya. Steak ukuran besar tersebut tentunya harus tepat dalam memasaknya agar daging tak alot dan etap segar saat disajikan.

“Misalnya saja kami memberikan saran kepada pengunjung dalam memilih tingkat kematangan. Misalnya steak yang dibungkus dibawa pulang itu berbeda lho tingkat kematangannya. Saat memesan harus satu tingkat lebih rendah dari kematangan. Karena dalam perjalanan ke rumah, steak akan semakin matang. Sama seperti kita memasak mi instan kalau didiamkan lama itu akan lodoh,” kata Brand Manager Karnivor Steven Rustandi kepada JawaPos.com baru-baru ini.

tren kuliner, steak, daging steak, tips memasak,
Berbagai menu daging steak ukuran besar di resto Karnivor. (dok karnivor)

Maka dari itu, siapa saja yang ingin menyantap dan mengolah steak harus memperhatikan tips berikut ini. Apa saja?

1. Cara Memotong

Banyak orang memotong steak dengan menekan daging terlalu keras. Sehingga seolah daging nampak sulit dipotong. Yang paling tepat adalah menggunakan pisau bergerigi dan dipotong mirip seprrti sedang menggergaji kayu. Palong tepat memotongnya adalah dengan cara diayun.

2. Tingkat Kematangan

Tingkat kematangan steak terdiri dari Well Done, Medium Well, Medium Rare, Medium, dan Rare. Untuk mengukur tingkat kematangan steak harus memperhatikan dagingnya.

Jangan terlalu tipis dan sedikit agak tebal. Sehingga tingkat ketebalan daging mempengaruhi. Bahkan ada tingkat kematangan paling rendah di bawah Rare yaitu Blue.

“Blue hanya 3 detik dimasak lalu sajikan. Masih merah dagingnya. Justru kalau daging itu, tren awalnya freshly cut lebih rekomen. Yang ditakutkan pengolahannya enggak higienis. Namun daging sapi itu unik, yang bisa dimasak dengan tingjat kematangan hanya daging sapi. Ayam dan kambing enggak bisa,” jelasnya.

3. Cara Memasak

Para ibu rumah tangga jika ingin memasak steak di rumah juga harus memperhatikan tekstur dagingnya. Selain itu tingkat suhu daging juga menjadi faktor penentu.

“Dagingnya chill, beku atau suhu ruang? Lama memasak dipengaruhi besarnya api. Apakah wadahnya ditutup atau tidak?,” ungkap Steven.

Kemudian sebelum memasak, banyak ibu rumah tangga yang mencuci daging terlebih dahulu. Namun hal itu juga jangan terlalu lama sebab bisa mempengaruhi tingkat higienis dan kelembutan daging.

“Kalau habis beli daging dicuci sebenarnya oke tapi jangan terlalu lama. Sebab bisa kurang bagus. Sering salah ibu-ibu rumah tangga saat mau masak mengeluarkan daging dari kulkas itu kan beku. Lalu direndam di air. Nah padahal airnya belum tentu higienis lalu daging malah jadi kering,” tegasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (ika/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads
3 Tips Menyantap dan Mengolah Steak Agar Lebih Lezat