Nakes Bergaya Lebih Kekinian dengan Baju Jaga Fashionable

18 Mei 2022, 15:35:03 WIB

JawaPos.com – Para tenaga medis atau kesehatan (nakes), baik dokter, perawat, maupun profesi di bidang kesehatan lainnya, pada umumnya bekerja long-hour-shift bahkan hingga lebih dari 12 jam sehari. Aktivitas dengan intensitas tinggi, mengurus pasien dengan mobilitas tanpa batas, membuat mereka merasa nyaman ketika bekerja, dengan mengenakan pakaian medis jenis scrubs yang dapat mendukung performa nakes ketika bertugas.

Penggunaan scrubs di Indonesia mulai marak di kalangan nakes dari berbagai profesi selama masa pandemi. Sejak saat itulah nakes Indonesia mulai terbuka dengan konsep scrubs yang comfortable, functional, professional, dan fashionable.

Para nakes dalam The SCRB Project yang diinisiasi oleh dua orang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Hansens Yansah, BMedSci(Hons.) dan dr. Jessica Halim, MRes menggagas pentingnya kenyamanan nakes saat bekerja selama pandemi. Pasalnya, nakes di garda terdepan dapat mengumatakan hal yang terpenting, yaitu kualitas pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien.

“Ternyata dari penelitian ditemukan bahwa nakes yang merasa nyaman dan percaya diri dengan pakaian yang dikenakan saat kerja dapat meningkatkan performa dan produktivitasnya. Selain itu, penggunaan scrubs di tempat kerja telah terbukti lebih baik dibandingkan baju biasa,” kata dr. Hans kepada wartawan baru-baru ini.

Berikut ini alasan mengapa tenaga medis wajib memakai scrubs. Apa saja?

1. Lebih higenis dan steril

Scrubs sebaiknya digunakan hanya di lokasi kerja untuk menghindari kontaminasi dari rumah atau komunitas ke pasien di rumah sakit yang terbawa saat nakes pergi ke tempat kerja dan juga untuk mencegah kontaminasi infeksi dari rumah sakit ke rumah saat nakes selesai bekerja. Scrubs juga dicuci setiap hari sehingga lebih higenis dibandingkan penggunaan jas putih atau jas lab yang biasanya hanya dicuci beberapa hari sekali, sehingga dapat melindungi nakes dan juga pasien dari risiko infeksi.

2. Tampilan profesional sebagai identitas diri

Mengenakan scrubs sebagai seragam dengan desain klasik dengan warna atasan dan bawahan senada membuat para tenaga kesehatan lebih terlihat profesional di mata pasien dan masyarakat. Hal ini karena nakes dengan scrubs akan lebih mudah dikenali sebagai tenaga medis. Beberapa rumah sakit juga menerapkan penggunaan scrubs berbeda warna antar departemen untuk membedakan staf yang berfungsi sebagai identitas diri.

3. Kenyamanan

Teknologi dan evolusi scrubs telah membuat pilihan outfit yang awalnya dianggap sebuah uniform yang kaku dan tidak berbentuk menjadi sebuah pakaian yang nyaman digunakan untuk aktivitas, manuver, dan gerakan apapun.

4. Lebih modis

Penggunaan scrubs dapat memengaruhi psikologi tenaga kesehatan, terutama ketika mereka merasa percaya diri ketika bekerja. Memakai scrubs dapat meningkatkan kepercayaan diri dokter, perawat, maupun staf rumah sakit lain dalam melakukan pekerjaan mereka. Sehingga diharapkan para tenaga kesehatan akan memiliki semangat lebih tinggi dalam menolong pasien.

5. Fungsional dan Hemat Waktu

Penggunaan scrub ini selain fungsional juga hemat waktu. Ternyata, nakes yang memang diwajibkan menggunakan scrubs oleh tempat kerjanya terbukti menghabiskan waktu lebih singkat ketika memilih pakaian kerja di pagi hari.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: