alexametrics

7 Alasan Mengejutkan Ketika Suami Berselingkuh

18 Maret 2019, 15:40:00 WIB

JawaPos.com – Perselingkuhan merupakan badai dalam sebuah rumah tangga. Orang ketiga dalam pernikahan bisa menjadi ancaman hancurnya hubungan suami istri. Baik suami atau istri bisa menjadi pelaku selingkuh.

Selingkuh tak selalu berakhir dengan hubungan ranjang. Tapi jalan atau kencan dengan lawan jenis yang bukan suami atau istri tanpa diketahui juga bentuk perselingkuhan.

“Bahkan sekitar 50 persen pasangan berselingkuh mulai sejak pacaran di usia sekolah menengah dan perguruan tinggi,” kata Pakar Hubungan Justin Lehmiller, Ph.D., seperti dilansir dari Men’s Health, Senin (18/3).

tips percintaan, alasan selingkuh,
Pria yang selalu dikekang akan merasa gelisah sehingga mencari perempuan lain yang memahaminya. (Verywell Mind)

Tingkat perselingkuhan turun menjadi sekitar 20 hingga 25 persen setelah menikah. Dan pria lebih cenderung menjadi pelaku selingkuh daripada wanita.

Lalu mengapa seorang pria nekat melakukannya? Ada beberapa alasan di luar dugaan atau mengejutkan yang menjadi motif perselingkuhan bagi pria.

Kebutuhan Emosional Tak Terpenuhi

Alasan utama pria memiliki pacar lain adalah karena pasangan mereka tidak memenuhi kebutuhan emosional mereka dan sama-sama mempertahankan ego. Pakar Hubungan Josephs dan Ava Cadell, Ph.D., menjelaskan berselingkuh menjadi solusi pelarian bagi pria, meskipun mereka mencintai sang istri. Solusinya, cobalah untuk memperbaiki apa yang hilang dalam hubungan dengan komunikasi. Mulailah dengan menghabiskan 30 menit hingga satu jam setiap hari berbicara dari hati ke hati lebih intim.

Cemas dan Gelisah

Terlalu sering dicurigai oleh istri atau terlalu posesif membuat pria merasa tak aman. Selalu dikekang dan cemas atau gelisah. Pria merasa frustrasi dan merasa perempuan lain lebih memahaminya.

Tak Cukup Satu

Seoramg pria berdalih butuh variasi. Ketika pasangannya tak bisa memenuhi itu maka mereka bisa lari ke pelukan yang lain. Apalagi jika di rumah selalu ribut masalah keuangan, anak-anak, atau pembagian tugas.

Balas Dendam

Seorang pria mungkin juga ingin membalas dendam untuk menyembuhkan ego setelah istrinya berbohong padanya. Maka untuk mencegah hal itu, tuntaskan setiap kemarahan jangan sampai meruncing ke arah kebencian hingga perselingkuhan.

Terjebak

Pria seringkali selingkuh karena adanya peluang. Mereka memanfaatkan kesempatan ketika pergi ke luar kota atau rapat dengan banyak klien. Awalnya mereka mengaku hanya main-main atau iseng, namun ternyata tak bisa menghalau godaan. Apalagi jika sudah berada di bawah pengaruh alkohol.

Bad Boy

Sifatnya memang pemain hati. Beberapa pria masih bisa playboy meski sudah tua.

Masalah Ranjang

Kuncinya adalah komunikasi tentang apa yang diinginkan saat di ranjang. Waktu terbaik untuk memulai diskusi ini adalah di awal pernikahan. Semakin lama nanti malah semakin canggung.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Copy Editor : Fersita Felicia Facette



Close Ads
7 Alasan Mengejutkan Ketika Suami Berselingkuh