alexametrics

5 Cara Sulap Interior Rumah dan Apartemen Tampak Lebih Besar

18 Maret 2019, 10:00:10 WIB

JawaPos.com – Untuk membuat ruangan rumah atau apartemen lebih luas sebetulnya tak harus mengacu pada ukuran. Ruanganyang berukuran mini studio pun bisa dibuat menjadi lebih luas dengan penataan interior dan permainan warna yang tepat.

Dilansir dari Pop Sugar, Senin (18/3), ada lima cara untuk memaksimalkan ruang yang dimiliki dan membuatnya tampak lebih luas dan lapang daripada yang sebenarnya. Dari mulai memilih warna cat yang tepat untuk dinding hingga menyingkirkan komponen dekorasi tertentu.

1. Ruangan Harus Cerah

interior rumah, interior apartemen,
Ilustrasi. Menambahkan lebih banyak pencahayaan akan membuat ruangan juga lebih besar. (Pexels / Chait Goli)

Salah satu tips paling penting untuk membuat ruangan lebih terang dan terlihat lebih besar adalah memilih warna cat yang tepat. Lauren O’Donnell, desainer interior in-house Build.com, mengatakan pertama dan terpenting adalah warna. Cat adalah cara termudah dan paling hemat biaya.

Dia menyarankan untuk memilih warna yang lebih lembut dan warna yang lebih cerah sehingga membuat ruang terasa lebih besar dan lebih ramah. Hal yang sama berlaku untuk lemari dapur. Disarankan untuk memilih lemari atau kabinet yang lebih rendah.

2. Hilangkan Karpet

Sebaiknya tak menggunakan karpet.  Presiden Mark Cutler Design, Inc. di Los Angeles Mark Cutler, mengatakan saat mendesain ruang yang lebih kecil, dia melewatkan karpet sehingga ruang terasa mulus dan lebih luas.

3. Gunakan Prinsip Nanas

Kekacauan membuat ruangan tampak ramai, jadi penting untuk mengaturnya dengan benar. Asitek, perancang, dan pemilik A. Lane Architecture Angie Lane, menjelaskan agar tak perlu terlalu banyak aksesori.

“Lebih sedikit, dekorasi yang lebih besar lebih baik daripada yang lebih kecil. Pilih beberapa item dekorasi yang seukuran nanas atau lebih besar,” ujarnya.

4. Pencahayaan Tambahan

Menambahkan lebih banyak pencahayaan akan membuat ruangan juga lebih besar. Bisa dengan menempatkan lampu tambahan dengan 2700-3000k lampu suhu warna LED dan meningkatkan lampu langit-langit.

5. Kaca

Salah satu trik favorit adalah memilih furnitur yang terbuat dari kaca atau bahan transparan lainnya. Misalnya, meja kopi kaca, meja kaca di kamar tidur, dan juga kursi meja dapur dari plastik dan krom. Furnitur tembus pandang membuat mata lebih nyaman.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads
5 Cara Sulap Interior Rumah dan Apartemen Tampak Lebih Besar