alexametrics

Kaya Kandungan Gizi, Simak Cara Mengolah Ikan Tilapia Ala Chef

16 Juni 2019, 10:33:12 WIB

JawaPos.com – Ikan tilapia lebih dikenal dengan nila. Berbagai cara mengolah ikan tilapia sudah sering dilakukan dengan cara digoreng atau dibakar. Tilapia mudah dimasak dengan kandungan yang tinggi protein dan rendah lemak.

Tilapia sebenarnya adalah nama umum untuk menyebut ratusan spesies ikan cichlid dari suku tilapiine cichlid. Di Indonesia, selain bisa ditemukan di alam liar, ikan tilapia juga termasuk komoditas perikanan yang banyak dibudidayakan di danau dan waduk air jernih. Salah satu produsen ikan tilapia yakni Regal Springs Indonesia merupakan bagian dari Regal Springs Group memberikan resep mengolah ikan Tilapia menjadi lebih lezat.

Kandungan protein dan vitamin D di dalam ikan tersebut tinggi dan tepat sebagai asupan gizi yang baik untuk keluarga. Produk Tilapia Regal Springs tersedia dalam bentuk Fillet yang praktis dan lezat. Di tangan Chef Norman Ismail, ikan nila diolah menjadi lebih nikmat.

“Tilapia adalah ikan nila. Bedanya kalau sudah difillet sudah dagingnya saja dan lebih mudah diolahnya,” katanya sambil melakukan demo masak ikan nila telur asin, baru-baru ini.

Kandungan gizi ikan tilapia, kata Chef Norman, setara dengan daging ayam. Masyarakat bisa mengganti dada ayam dengan ikan tilapia fillet. Sehingga siapa saja yang merasa bosan dengan dada ayam, protein ikan nila hampir setara.

“Teksturnya tak mudah ancur. Teksturnya lembut tapi padat. Karena tilapia kandungan airnya hanya sedikit yakni hanya 6 persen, kalau ikan lain kandungan airnya bisa 20 persen lebih,” jelas Chef Norman.

Menurutnya, cara memasak dan mengolah ikan tilapia sangat mudah. Setelah dibersihkan kemudian bisa langsung dibumbui lada dan garam. Kemudian dimasak dengan digoreng, dibuat pedas, masakan Chinese Food atau Western juga bisa.

Tilapia Tak Bau Tanah

Head of Sales & Marketing, Regal Springs Indonesia, Yeri Afrizon mengatakan ikan nila tergolong unik dan bisa diolah dengan segala cara memasak. Tilapia bernutrisi tinggi, rendah lemak, rendah kalori, dan sama sekali tidak mengandung antiobotik, zat aditif, pengawet, bahan kimia yang meningkatkan kandungan air.

“Saat Anda membeli dan memakan Naturally Better Tilapia Regal Springs Indonesia, seperti memakan ikan yang benar-benar alami dan murni. Fillet Naturally Better Tilapia kemasan 200 g dan Kepala Ikan Naturally Better Tilapia kemasan 650 g,” jelasnya.

Ikan tilapia tinggi kandungan protein dan Vitamin D, rendah lemak, tekstur. Rasanya yang lembut cocok untuk diolah menjadi berbagai masakan baik resep lokal maupun internasional, serta tidak bau tanah (No muddy flavor).

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads