alexametrics

Selain Bebas Jerawat, Ketahui 7 Tanda Kulit Wajah Anda Sehat

15 Desember 2019, 11:17:53 WIB

JawaPos.com – Sudah hal yang wajar jika kaum hawa mendambakan kulit sehat. Sebagian besar waktu mereka, dihabiskan umtuk perawatan kulit. Kulit adalah organ terbesar yang mencerminkan kesehatan secara keseluruhan.

Ada beberapa tanda atau indikator yang menunjukkan kulit wajah sehat sempurna. Selain tidak berjerawat atau kulit kering, tentu ada sinyal lainnya yang menunjukkan kulit wajah sehat sempurna di antaranya,

1. Warna yang Konsisten

Dilansir dari Style Caster, Minggu (15/12), konsistensi warna pada kulit merupakan pertanda dari kulit sehat. Setiap bintik, noda, warna terang, gelap, atau merah, dan lingkaran hitam di bawah mata adalah tanda bahwa kulit tidak sehat. Banyak hal yang bisa menjadi biang keladinya, salah satunya hiper-pigmentasi. Noda dapat disebabkan banyak hal. Paling sering akibat reaksi buruk terhadap alergen atau bahan kosmetik. Tidur yang cukup bisa membuat warna kulit konsisten.

2. Tekstur Halus

kulit sehat,
Ilustrasi kulit sehat dengan tekstur yang halus. (organic facts)

Tekstur kulit yang sehat sebagian besar harus halus saat disentuh. Jika Anda memiliki jerawat, komedo, atau benjolan kecil yang disebut millia, kulit menunjukkan sedang dalam kondisi bermasalah. Masalah kulit kurang bercahaya juga bisa dikaitkan dengan pola makan dan pola tidur.

3. Tingkat Hidrasi

Kulit kering dan bersisik menandakan kulit tak sehat. Selain cukup minum, pilihlah pelembab dengan bahan menghidrasi seperti asam hialuronat. Atau, produk perawatan kulit yang juga bisa mengatasi wajah kering.

4. Bebas Sensasi Apapun

Kulit yang sehat tidak akan membuat seseorang mengeluhkan apapun. Sebaliknya, jika kulit gatal, perih, menyengat, atau terbakar, itu pertanda pasti bahwa ada sesuatu yang terjadi. Bisa jadi karena paparan angin panas, dingin yang ekstrem, atau matahari. Atau bisa disebabkan oleh eksim atau psoriasis.

5. Kenyal

Menurut Beauty Advisor dan Make Up Artist, Iwwan Haroun, kulit yang sehat umumnya kenyal dan halus. Kulit seperti itu bisa diperoleh dengan tidur yang cukup, dan minum air putih yang cukup.

6. Produk Skin Care Tak Bermasalah

Kulit yang sehat umumnya cocok dengan produk perawatan kulit yang tepat. Asalkan produk yang dipakai harus disesuaikan dengan jenis kulit. Misalnya kulit kering, kulit berminyak, dan kulit normal.

7. Mudah Aplikasikan Make-Up

Kulit yang sehat umumnya membuat aplikasi make-up menjadi lebih mudah. Aplikasi make-up akan bisa lebih tahan lama dan tampil lebih indah jika dasar kulitnya terbukti sehat.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads