alexametrics

Tidak Terbiasa Minum Kopi, Ketahui Efek Buruknya Bagi Kesehatan

15 Januari 2019, 10:00:40 WIB

JawaPos.com – Bagi pria, tak lengkap jika tidak memulai hari tanpa kopi. Tapi, kebiasaan minum kopi kini juga dilakukan oleh kaum hawa. Namun ada saja yang merasakan kondisi tubuh tak enak usai menyeruput secangkir kopi di pagi hari. Mulai dari masalah perut, mual, hingga rasa cemas atau jantung berdebar-debar.

Kopi memang dapat membuat seseorang mengalami kecemasan. Terutama bagi mereka yang tak terbiasa minum kopi.

Kafein dalam kopi memiliki efek lebih besar bagi orang yang tidak terbiasa mengkonsumsi kopi secara teratur. Penelitian menunjukkan bahwa dosis lebih dari 250 miligram atau sekitar 2,5 cangkir lebih cenderung memicu kecemasan dan efek samping lain seperti insomnia, lonjakan gula darah, dan aritmia jantung.

Dilansir dari Men’s Health, Selasa (15/1), gangguan kecemasan adalah penyakit mental yang mulai banyak dialami kaum urban. Dalam jajak pendapat tahunan oleh American Psychiatry Association, 39 persen responden mengatakan mereka lebih cemas daripada tahun lalu.

“Kafein adalah antagonis reseptor adenosin. Adenosine adalah bahan kimia yang membantu mengatur gairah. Ketika berikatan dengan reseptor adenosin, itu membuat kita mengantuk. Tetapi ketika sesuatu seperti kafein memusuhi adenosine, kita malah merasa bangkit. Inilah sebabnya mengapa kafein merangsang,” kata Instruktur di Unit Penelitian Farmakologi Perilaku Kedokteran Johns Hopkins Mary Margaret Sweeney.

Setiap orang memiliki tingkat toleransi mereka sendiri terhadap kopi. Tetapi orang-orang dengan kecemasan tampaknya lebih sensitif terhadap efek ansiogenik dari kafein. Lalu apakah efek itu bisa dikurangi meski seseorang sudah makan?

“Kafein hampir 100 persen diserap oleh tubuh,” kata Sweeney. Jadi makanan tidak akan mengubah efek apa yang dirasakan.

Lalu, bagaiman dengan mereka yang terbiasan minum kopi lalu ingin berhenti?

Solusinya, mungkin tidak harus berhenti minum kopi sama sekali. Namun bisa dengan bijak memilih merek kopi yang memiliki kandungan kafein lebih sedikit. Sebab mendadak berhenti dari sebelumnya rutin minum kopi juga bisa menyebabkan efek seperti sakit kepala dan kelelahan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads
Tidak Terbiasa Minum Kopi, Ketahui Efek Buruknya Bagi Kesehatan