alexametrics

Rayakan Kemerdekaan dengan 3 Padu Padan Kain Nusantara

14 Agustus 2019, 10:46:02 WIB

JawaPos.com – Merayakan hari kemerdekaan pada 17 Agustus biasanya identik dengan warna merah putih. Termasuk saat berbusana. Tak jarang menyisipkan sentuhan merah putih. Akan tetapi, tampil chic pada hari kemerdekaan tak hanya lewat busana merah putih lho. Cara lainnya adalah dengan bangga menggunakan padu padan kain nusantara yang lebih kekinian.

Seperti yang diungkapkan Desainer RR Boutique, Rina Rien, dalam acara Relief Indonesia Festival 2019 dengan tema ‘Berkarya Untuk Indonesia’, Selasa (13/8). Dalam koleksinya, ia menyajikan ragam kain nusantara seperti batik dan tenun yang sudah dimodifikasi.

Baginya, tampil stylish dengan padu padan busana kain nusantara bisa dikenakan saat perayaan hari kemerdekaan nanti. Apapun motif, teknik, dan potongannya, kunci tampil kece adalah agar menjadi diri sendiri dan confident dengan gaya busana yang ditampilkan.

Tak hanya Rina,  Chintami Atmanagara yang juga berkecimpung di dunia fashion juga menunjukkan gaya busana yang fashionable dengan kain nusantara. Chintami mengatakan rasa cinta terhadap Indonesia tak hanya dimunculkan lewat merah putih. Tapi di dalam dunia mode sendiri misalnya mulailah menggunakan produk Indonesia.

Dalam pagelarannya kemarin, ada 3 tips padu padan busana kain nusantara dari Rina dan Chintami. Tak ada salahnya mencoba gaya busana tradidional dengan menyesuaikan karakter masing-masing.

1. Tunik dan Kain Nusantara

Menurut Rina Rien, padu padan tunik cocok untuk perempuan berhijab ataupun tidak berhijab. Bisa dengan memadukan tunik sepanjang paha atau di atas dengkul dengan bawahan kain nusantara. Bisa berupa rok batik atau tenun, atau kain. Bisa juga ditambah ikat pinggang (belt) agar terkesan lebih menunjukkan siluet pada tubuh.

3. Kain Nusantara dan Rok Tutu atau Rok Lipit

Rina Rien mengusulkan untuk memilih atasan dengan bahan kain nusantara atau outer yang dipadukan dengan rok tutu atau rok lipit. Sehingga tampilan menjadi lebih manis.

4. Bermain dengan Warna

Chintami mengusulkan padu padan saat merayakan hari kemerdekaan tetap menggunakan produk Indonesia. Tetap memakai produk Indonesia walaupun sifatnya bukan merah putih.

“Batik-batik yang coraknya ada merahnya ada putihnya, atau apapun, tenun atau apapun yang merupakan ciri khas Indonesia, mau ditambahkan hitam putih boleh. Tapi kan enggak mesti polos, bisa juga dengan kain tenun yang ada warna merah dan putihnya,” kata Chintami.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Close Ads