alexametrics

Serunya Rayakan Valentine Teman Bersama Teman-Teman dan Keluarga

14 Februari 2020, 10:20:35 WIB

JawaPos.com – Merayakan Hari Valentine yang identik dengan ungkapan rasa cinta tak melulu harus dirayakan bersama pasangan. Justru lebih seru jika dirayakan ramai-ramai bersama teman dan keluarga.

Tradisi seperti ini biasa di lakukan di Finlandia dan Estonia. Dua negara kecil di Eropa itu merayakan tanggal 14 Februari sebagai Hari Persahabatan, sebuah perayaan cinta pertemanan. Dikenal sebagai Ystävän Päivä dalam Bahasa Finlandia dan Sõbrapäev dalam Bahasa Estonia, Friend’s Day dirayakan oleh orang yang belum menikah dan juga pasangan. Keluarga, teman, dan pasangan berkumpul untuk makan bersama dan melakukan kegiatan olahraga seperti skating.

Seorang warga Helsinki, Taru Jäntti, 27, bahkan masih mengirim kartu ucapan lewat pos. Dia mengirim kartu Valentine ke empat teman terdekatnya. “Bagi saya, teman adalah orang paling penting dalam hidup saya. Mereka adalah inti dari kehidupan sosial saya,” katanya seperti dilansir dari Time, Jumat (14/2).

Momen itu juga dianggap sebagai musim liburan di Finlandia sejak 1980-an dan menuju selatan ke Estonia pada akhir dekade lalu. Pada awalnya, liburan tersebut menjadi momen bagi anak-anak sekolah untuk membuat hadiah dan kartu buatan tangan untuk orang yang mereka cintai. Pada 1990-an, liburan tersebut justru menjadi populer di kalangan orang dewasa.

Sementara Friend’s Day secara resmi dimasukkan dalam kalender Finlandia pada tahun 1996. Tradisi tersebut telah tertanam kuat dalam jalinan budaya masyarakat Finlandia dan dirayakan secara luas di seluruh negeri. Friend’s Day adalah liburan dengan cara pemberian kartu. Bahkan ada sekitar 3 juta kartu ucapan dikirim pada 2015.

Sementara itu, orang-orang Estonia menganggap 14 Februari sebagai hari yang sakral. Liisa Vesik, warga Estonia berpendapat bahwa liburan justru menjadi sarana komersil. Perusahaan menciptakan produk untuk liburan.

Di kedua negara itu, seluruh sudut jalan didekorasi dengan perlengkapan bertema cinta. Tak hanya teman, pasangan akan sering bertukar hadiah. Atau sengaja memilih momen Valentine sebagai hari pernikahan atau pertunangan.

Tradisi lainnya, fi beberapa sekolah menengah di Finlandia, siswa akan mengenakan busana warna merah jika memang punya pacar, dan warna hijau jika mereka lajang. Di Estonia, seseorang yang masih lajang bisa naik ‘bus cinta’ yang dirancang untuk mencari cinta.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads