alexametrics

Belum Dapat Libur, Ikuti 7 Langkah Agar Semangat Kerja Tak Kendor

14 Januari 2019, 18:10:22 WIB

JawaPos.com – Melakukan rutinitas yang itu-itu tiap harinya pasti menimbulkan rasa bosan. Sekalipun itu pekerjaan yang Anda sukai.

Yup, rasa bosan menyebabkan Anda kurang semangat dalam menjalani hari-hari, terutama di kantor. Bahkan, pikiran untuk menghilang sejenak dari pekerjaan pasti terlintas. Tapi keinginan menepi sejenak dari pekerjaan kadang tidak bisa karena deadline dari atasan.

Tapi, untuk mengembalikan semangat Anda yang sedang bosan saat bekerja bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana. Setidaknya, ada 7 langkah yang bisa dicoba untuk mendatangkan energi positif dan membakar semangat Anda seperti dilansir dari Cermati.com, Senin (14/1).

1. Mengucap Syukur Setiap Pagi

Sebelum memulai aktivitas di pagi hari, jangan lupa mengucap syukur kepada Sang Pencipta atas nikmat yang masih Anda rasakan hingga saat ini. Dengan bersyukur, suasana hati menjadi lebih tenang sehingga Anda dapat mengawali hari dengan energi positif.

Apabila energi positif sudah menguasai diri Anda, apapun yang dikerjakan pasti menuai hasil yang positif. Panjatkan rasa syukur setiap hari. Bila perlu, mintalah agar Sang Pencipta selalu menyertai apapun yang Anda kerjakan sehingga hasilnya tidak pernah mengecewakan.

2. Membaca Quotes yang Memotivasi

Tidak ada yang tidak mungkin merupakan salah satu kalimat bijak yang harus selalu diingat dalam hidup. Sebab hal-hal yang mustahil di hadapan manusia sama sekali tidak mustahil bagi dunia.

Selalu motivasi diri Anda dengan kalimat-kalimat bijak yang dapat membangkitkan semangat agar Anda terhindar dari pikiran-pikiran negatif. Percaya atau tidak, dunia ini akan senantiasa membantu Anda dalam meraih mimpi. Daripada terus berputus asa, lebih baik kuatkan tekad dan usaha agar apa yang diinginkan
segera tercapai.

3. Bercerita kepada Orang yang Dipercaya

Memercayai orang memang tak sulit, pun demikian juga tak gampang menemukan orang yang bisa dipercaya. Tapi ketika Anda menemukan orang yang benar-benar bisa dipercaya, apakah itu teman atau kerabat juga keluarga, jangan enggan untuk bercerita mengenai keluh kesah masalah yang Anda hadapi.

Dengan menceritakan kepada orang terdekat, siapa tahu mereka bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut. Memendam masalah menimbulkan rasa tidak nyaman yang pada akhirnya dapat mengakibatkan stres. Jadi, jangan pernah memendam masalah sendirian. Sepintar dan sehebat apapun Anda, pasti selalu membutuhkan orang lain, bukan?

4. Tinggallah di Lingkungan yang Positif

Lingkungan tempat tinggal sangat memengaruhi pola pikir. Seseorang yang tinggal di lingkungan yang positif cenderung berpikir positif dalam segala hal, sedangkan yang tinggal di lingkungan negatif cenderung memiliki pola pikir negatif. Seseorang yang pada awalnya berpikir positif dapat berubah menjadi negatif karena pengaruh orang-orang yang ada di sekitarnya.

Agar tidak mudah terpengaruh, bangun pondasi yang kuat dan jauhi lingkungan yang memberi dampak negatif. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang positif yang dapat membangkitkan semangat dan memberi kebahagiaan.

5. Tersenyumlah kepada Orang Lain

Memberi senyum kepada orang lain dapat mengembalikan suasana hati yang hilang dalam sekejap, apalagi jika orang yang diberi senyum membalas dengan senyuman. Tersenyum dipercaya ampuh untuk meringankan beban kerja yang terasa berat.

Sebelum Anda bersungut-sungut karena tugas semakin menumpuk dan dikejar deadline yang semakin dekat, tersenyumlah! Memberi seulas senyum bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Pastikan senyum yang diberikan tulus dari hati yang paling dalam agar orang yang melihat senyum tersebut ikut merasa bahagia dalam menyongsong hari.

6. Pergi ke Tempat yang Sunyi

Hilangnya semangat dapat disebabkan karena Anda kurang memberi waktu untuk menenangkan diri sendiri dari rutinitas yang begitu padat. Agar merasa lebih tenang, coba pergi ke tempat yang sunyi. Anda tidak perlu pergi ke pantai atau hutan untuk menikmati kesendirian karena duduk menyendiri di sebuah ruangan saja sudah cukup ampuh memberi ketenangan.

Pastikan Anda terhindar dari segala gangguan yang ada di sekitar, seperti suara hentakan kaki ataupun suara percakapan orang lain. Di dalam keheningan, otak dapat berpikir dua kali lebih cepat sehingga Anda dapat mencari solusi dalam membangkitkan semangat.

7. Membuat Itenerary Liburan Selanjutnya

Apabila semangat belum pulih secara utuh, itu artinya Anda benar-benar harus menghilang dari rutinitas sehari-hari dalam beberapa hari ke depan. Segera ajukan cuti kepada atasan agar Anda bisa menikmati singkat untuk mengembalikan energi positif yang hilang.

Buatlah itinerary liburan yang tidak jauh dari kota tempat tinggal Anda untuk menghemat waktu di perjalanan. Pastikan jarak antar tempat wisata berdekatan agar Anda dapat berkunjung pada waktu yang bersamaan.

Diri Sendiri adalah Penyemangat yang Paling Manjur

Semangat berkurang disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor internal maupun eksternal. Anda tidak perlu terlalu sering menanyakan solusi terbaik untuk membangkitkan semangat kepada orang lain karena kuncinya ada pada diri Anda sendiri. Selamat mencoba!

Editor : Nurul Adriyana Salbiah



Close Ads
Belum Dapat Libur, Ikuti 7 Langkah Agar Semangat Kerja Tak Kendor