alexametrics

Terinspirasi Galaksi, Ivan Gunawan Kawinkan Perhiasan Emas dengan Modest Wear

13 Mei 2019, 16:09:46 WIB

JawaPos.com – Bukan Ivan Gunawan namanya jika tak memberikan kejutan pada karya busananya. Kali ini, berkolaborasi dengan UBS, Ivan menunjukkan bagaimana busana muslim atau yang dikenal dengan modest wear terlihat mewah dengan sentuhan perhiasan emas.

Dalam konferensi pers pada Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 beberapa waktu lalu, Ivan membawa koleksi premium dari Mandjha Hijab dengan tema ‘Andromeda’ yang terinspirasi dari galaksi. Lewat koleksi premiumnya, desainer serba bisa itu ingin membuktikan kalau berbusana muslim tetap bisa menyatu dengan keindahan perhiasan emas dari luar.

Inspirasi galaksi Ivan tuangkan dalam balutan gaun malam yang didominasi warna hitam. Sedangkan kilau emas pada busana dan perhiasan berupa kalung hingga bros terlihat seperti bintang yang bersinar.

Sentuhan mewah tak hanya diperlihatkan Ivan lewat perhiasan emas. Tapi juga ukiran kaligrafi berwarna emas yang cantik pada busana dengan potongan yang mewah. Misalnya terlihat pada atasan panjang dengan detail sulaman berwarna emas pada bahu yang dipadukan rok lipit berwarna hitam.

Koleksi Andromeda Ivan Gunawan didominasi warna hitam dengan sentuhan emas. (Instagram MUFFEST 2019)

Bisa dikatakan koleksi Ivan terlihat seperti penampilan busana para penyanyi dangdut yang tertutup, namun dikawinkan dengan gaya Timur Tengah. Pakaian mewah Ivan Gunawan bukan hanya dalam balutan busana perempuan, tapi juga pria.

Yup, Ivan juga mengeluarkan koleksi pria. Seperti saudagar kaya dari Timur Tengah, para model mengenakan pakaian dengan model jubah panjang atau gamis yang juga berwarna hitam. Sentuhan emas juga terlihat dari penggunaan kalung UBS dan sulaman senada emas pada pakaian.

“Koleksi saya memang didominasi warna hitam supaya perkawinannya lebih terasa. Dan sengaaj menbuatnya lebih glam  agar bisa mengimbangi perhiasannya. Untuk koleksi Andromeda, saya keluarkan 16 looks, 4 pria dan 12 perempuan,” sambung Ivan.

Desainer yang juga seorang presenter ini pun mengakui kalau mengawinkan perhiasan emas dengan busana modest wear adalah tantangan. Terlebih bagaimana menunjukkan kalung emas tanpa berlebihan ketika digunakan di luar baju muslim.

Karya Desainer Lain yang Mengawinkan Emas

Koleksi Deden Siswanto, Khanaan Shamla, dan Saffana bersama UBS. (Instagram MUFFEST)

Selain Ivan, UBS juga menggandeng Deden Siswanto, Khanaan Shamla, dan Saffana. Deden menampilkan ready to wear dengan material denim yang terinspirasi dari kejayaan di Rusia.

Sedangkan, Khanaan memperlihatkan 12 looks yang terinspirasi dari arsitektur budaya Islam. Bertema ‘Dimah’, Khanaan menyatukan permainan batik bermotif kontemporer dengan warna-warna peach, nude, abu dan hijau.

Terakhir Saffana, hadir dengan koleksi baju muslim untuk party. Menggunakan teknik drapping, busana Saffanaa didominasi material sifon dan silk.

Ditemui dalam acara yang sama, Erwin Suganda, selaku Creative Director PT. UBS  mengungkapkan kolaborasi dengan para desiner Indonesia memang ingin menunjukkan kalau emas bisa digunakan untuk pakaian apa saja. Terlebih terlihat dari permainan perhiasan emas yang tak hanya kuning tapi juga ada merah dan biru.

“Ini terinspirasi dari kejayaan islami di Maroko dan Turki, kami tuangkan dengan teknik yang modern. Kami gunakan emas tapi bukan berarti tak up to date,” ujar Erwin.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah



Close Ads