alexametrics

Inspirasi Busana Timur Tengah untuk Modest Wear Kekinian

13 Februari 2020, 18:15:14 WIB

JawaPos.com – Ingin berpenampilan cantik dengan busana muslim atau modest wear ala Timur Tengah tak perlu jauh-jauh terbang ke sana. Cukup mengakalinya dengan memadukan berbagai model busana, pilihan warna hingga corak.

Salah satunya ditawarkan oleh label Heaven Lights rintisan duo Jihan Malik dan Emma Malik yang berkolaborasi dengan 2 desainer. Mereka adalah Kami. dan Mega Iskanti. Lewat pagelaran yang bertajuk ‘First light’, ketiganya menonjolkan sisi busana Timur Tengah. Misalnya dari warna khas Timur Tengah dengan dominan yang gelap. Hingga corak dan pola yang khas diambil dari dinding-dinding situs sejarah di kawsan Timur Tengah.

“Kami sengaja mengusung nuansa Timur Tengah, mengambil tema dengan corak kain yang khas seperti di Timur Tengah. Koleksi ini akan dikeluarkan sampai nanti bulan Ramadan,” kata Duo Heaven Lights, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (12/2)

1. Koleksi Kami. (Samarka)

Peragaan busana dibuka dengan koleksi Heaven Lights yang berkolaborasi dengan Kami. Kali ini tema yang diusung oleh Kami. adalah ‘Samarka’. Ada 15 looks yang ditampilkan, bervariasi dari tunik yang dipadukan dengan palazzo pants sampai abaya yang menawan. Koleksi yang didominasi warna gelap itu bertabur motif geometris khas Timur Tengah yang terinspirasi dari geometric yang biasa terlihat di pasar-pasar tradisional Marrakesh.

Kami. yang biasanya identik dengan warna-warna alam, kini berani keluar dari zona nyaman untuk mengeluarkan koleksi Timur Tengah. Ternyata ide itu memang sudah tercetus sejak lama.

“Temanya Timur Tengah. Kami. itu kan biasanya nature, sesuatu motif enggak ada yang pasti. Enggak teratur, enggak simetris. Pas dibilang Timur Tengah, maka kami ambil tema Samarka adalah kota tua di Uzbekistan yang dilewati jalur budaya saat itu,” kata Creative Director Kami. Nadya Karina.

Maka corak yang gemoetris itu dituangkan dalam keindahan ornamen. Dan terwujudlah koleksi Kami. yang berbeda dari biasanya.

2. Mega Iskanti (Madra)

Segmen kedua menampilkan formulasi gaya yang dibuat Heaven Lights bersama desainer Mega Iskanti. Warna-warna pastel yang lebih feminin menjadi ciri khas koleksi yang diberi tajuk ‘Madra’. Sederhana dengan intrik pleats, koleksi yang menyuguhkan 15 tampilan ini terinspirasi dari kunjungan Mega Iskanti menikmati kemegahan arsitektur Islam di Bou lnania Madrasa, Maroko.

3. Koleksi Heaven Lights (Khizana)

Terinspirasi dari sari khas India, gaya asimetris dan taburan sequins nan mewah jadi benang merah utama koleksi bertajuk ‘Khizana’ ini. Deretan tunik, dress, blus, headscarf, dan outer dengan motif paisley dan bold palette khas India dan Timur Tengah jadi persembahan koleksinya.

“Arti koleksi kami itu dari bahasa Arab artinya lemari. Layaknya lemari yang berisi banyak barang,ada 30 tampilan kasual namun tetap terkesan istimewa ini diformulasikan untuk membuat penampilan hari raya semakin bergaya,” jelas Jihan Malik dan Emma Malik.

“Dan kami mengambil tema dari corak seni menghias Henna, untuk dituangkan dalam koleksi kami ini,” tutup mereka.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads