alexametrics

8 Cara Mudah Merawat Kuku Agar Cantik dan Sehat

13 Februari 2020, 07:18:39 WIB

JawaPos.com – Ladies, merawat kuku saat ini sudah menjadi tren agar kuku terlihat lebih cantik dan sehat. Kebiasaan menggigit kuku tentu harus dihindari karena bisa membuat kuku terlihat rapuh. Jika Anda termasuk orang yang gemar merawat kuku dan hobi merias kuku dengan teknik ‘Nail Art’, maka penting untuk merawat kuku.

Dilansir dari Elle, Rabu (12/2), ada beberapa cara untuk menumbuhkan kuku menjadi lebih panjang dan kuat. Sehingga bonusnya, kuku dan jemari terlihat lebih indah.

1. Gunakan Minyak Kutikula Setiap Hari

Menurut Manicurist Ama Quashie, hidrasi adalah kunci dalam pertumbuhan kuku. Untuk memiliki kuku yang kuat, maka kuku harus sehat. Dan untuk menjadi sehat, maka harus terhidrasi. Minyak kutikula bekerja dengan melembabkan kutikula dan alas kuku, itulah sebabnya cara ini merupakan langkah penting dalam perawatan kuku.

2. Diet Biotin

Studi menunjukkan bahwa kuku rapuh rentan terhadap pengelupasan dan kerusakan. Hal itu menjadi tanda tubuh kekurangan biotin. Maka ide yang baik untuk melengkapi diet Anda dengan dosis tambahan vitamin B esensial.
Makanan kaya biotin dapat membantu memperkuat kuku yang rapuh seperti diungkapkan Ahli Gizi di Klinik Khera-Griggs Cleanse, Urban Retreat, Amanda Griggs.

Kuku panjang yang kuat dan sehat akan mempercantikan penampilan jari tangan. (Pinterest)

3. Gunakan Kikir Kuku yang Lembut

Pilihlah kikir kuku yang lembut atau lunak. Untuk mendapatkan hasil terbaik selalu pilih kikir yang lunak untuk mencegah kuku robek atau terbelah.

4. Tingkatkan Vitamin B9

Jika alas kuku bergelombang dan bergerigi, Anda harus menambah asupan vitamin B9. Atau dikenal sebagai asam folat. Vitamin ini memperbaiki dan melipatgandakan sel-sel yang membentuk kuku, yang mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan kesehatan kuku secara keseluruhan. Cara ini juga terbukti meningkatkan kekuatan dan mencegah pengelupasan. Asam folat bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel yang sehat dalam jaringan kulit serta rambut dan kuku.

5. Pilih Pengganti Aseton yang Aman

Ketika manikur menunjukkan tanda-tanda terkelupas, seseorang pasti gemas untuk menggunakan penghapus cat kuku lama. Cat kuku dengan aseton konsentrasi tinggi sangat keras pada kuku yang rapuh dan dapat mengeringkannya. Akibatnya kuku mengelupas dan terbelah. Pilihlah penghapus cap kuku yang bebas aseton. Cari formula yang lebih lembut.

6. Cobalah Cat Kuku yang Lebih Alami

Hindari cat kuku yang mengandung bahan kimia konsentrasi tinggi. Lebih baik menggunakan dari bahan-bahan alami seperti dari alam.

7. Pola Makan Sehat Ramah Kuku

Untuk menumbuhkan kuku lebih lama dan lebih kuat, Griggs merekomendasikan diet bergizi termasuk buah dan sayuran berwarna, sayuran berdaun hijau, ikan berminyak, kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, telur, daging tanpa lemak, biji-bijian dan ubi jalar. Lalu banyak minum air putih, dan hindari alkohol.

8. Gunakan Perawatan Keratin

Penguat kuku atau keratin bisa menjadi penguat kuku. Bisa memberikan perawatam secara alami pada kuku. Sehingga mencegah kuku yang tipis dan rapuh.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads