alexametrics

5 Cara Meminta Maaf Pada Pasangan yang Sudah Marah dan Kecewa

13 Februari 2020, 15:14:39 WIB

JawaPos.com – Siapa saja bisa melakukan kesalahan. Tapi setiap orang berhak mendapatkan kesempatan kedua. Saat pasangan membuat Anda kecewa, sakit hati, dan marah, tentu harus ada kelapangan hati untuk memaafkannya. Begitu juga ketika berbuat kesalahan, harud berani meminta maaf.

Membuka hati untuk berempati, memahami bagaimana kesalahan pasangan, dan mengerti, justru bisa membuat hati kedua belah pihak lebih lega. Sekarang tergantung kadar kesalahannya. Rasa marah dan benci disertai emosi terkadang menutup pintu maaf.

Seseorang mungkin menganggap jika memaafkan kesalahan pasangan, itu berarti memberi mereka peluang untuk melakukannya lagi. Padahal hal itu bisa mengakhiri kesalahpahaman yang mungkin terjadi.

Sebaliknya, seseorang yang meminta maaf mungkin merasa bahwa dia harus mengakui kesalahannya. Padahal memang iya, butuh hati yang berjiwa besar untuk mengakui kesalahan tersebut. Dilansir dari Pop Sugar, Rabu (12/2), berikut adalah 5 tips atau cara meminta maaf dan menyembuhkan luka pada hati pasanga .

1. Terima kekecewaan pasangan

Berpura-puralah seperti seorang jurnalis yang mengumpulkan data. Ajukan pertanyaan untuk mengalihkan ketegangan. Dan ajukan pertanyaan agar bisa berubah lebih baik lagi. Misalnya ‘kamu maunya aku kayak gimana sih?’. Dengarkan kekecewaannya dan terima.

2. Dengarkan Pasangan

Sama seperti seorang jurnalis mengumpulkan data dan melaporkan kembali apa yang mereka pelajari. Pasangan pasti akan membeberkan kesalahan Anda. Tetap dengarkan meski kalimat itu penuh amarah dan tak Anda sukai. Bahasa tubuh dan intonasi saat menanggapi pembicaraan adalah yang paling penting.

3. Berempati

Cobalah menempatkan diri pada posisi pasangan dan mengakui penderitaan atau rasa sakit mereka. Mengingat apa yang terjadi, akuilah bahwa Anda mengerti rasa sakit yang dirasakan pasangan.

4. Mohon maaf dengan tulus

Cobalah untuk menggunakan kata memohon dan mengiba. Berjanji dengan sungguh-sungguh tak akan mengulanginya karena Anda masih sangat sayang padanya.

5. Cegah jangan terulang

Cobalah buat komitmen selanjutnya agar jangan terulang lagi. Apa batasannya dan Do and Dont’s di dalam hubungan. Semuanya harus disepakati bersama.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads