alexametrics

Tips dan Trik Mengukir Alis yang Cetar Sesuai 6 Bentuk Wajah

12 Agustus 2019, 16:00:00 WIB

JawaPos.com – Alis adalah salah satu bagian yang penting pada wajah. Alis yang simetris dengan bentuk yang baik, akan membuat aura wajah lebih berbeda sekalipun tanpa riasan (make-up). Maka tak jarang banyak perempuan merogoh uang lebih besar hanya untuk alisnya.

Seperti seni menggambar, membentuk alis juga susah-susah gampang. Bagaimana alis kanan dan kiri harus simetris. Bahkan bagaimana caranya membuat alis agar sesuai dengan bentuk wajah kita. Perempuan bisa terlihat lebih cantik atau justru lebih menyeramkan hanya karena salah mengukur alis.

Mengapa Alis Sangat Penting?

Alis memberikan efek pembingkaian pada wajah. Alis bisa mendukung keindahan mata dan mengekspresikan emosi. Saat alis terlihat bagus, maka kaum hawa akan terlihat lebih menarik. Saat dibiarkan berantakan, wajah bisa tampak berantakan, lelah, dan jengkel.

Membentuk alis memberikan kesan seseorang untuk menonjolkan atau meningkatkan penampilan alami. Ukiran yang tepat akan membuat penampilan berbeda.

Cara Membentuk Alis

Dilansir dari Who, Senin (12/8), ada empat metode utama membentuk alis. Masing-masing memiliki manfaatnya sendiri dan tingkat kerumitan tertentu.

1. Mencabut

Juga dikenal sebagai tweezing, pencabutan adalah metode paling sederhana untuk membentuk alis. Ini benar-benar membutuhkam pinset dan mencabut bulu alis yang tidak diinginkan. Secara umum, saat mencabut, seseorang hanya menghilangkan satu atau dua baris rambut.

2. Threading

Threading adalah metode kuno pembentukan alis berabad-abad lalu. Cara ini melibatkan penggunaan lingkaran benang terpuntir untuk menarik rambut keluar dari folikel. Threading dapat menangkap seluruh baris rambut sekaligus dan juga dapat mencabut rambut-rambut yang lebih halus dengan tidak terlalu sakit.

3. Waxing

Memoleskan alis dengan teknik pelapisan lilin pada area rambut yang tidak diinginkan, meletakkan selembar kain atau kertas di atasnya, dan menariknya dengan cepat. Waxing adalah cara yang sangat sederhana dan efektif untuk membentuk alis, tetapi cara tersebut menimbulkan rasa sakit dan risiko iritasi kulit.

4. Microblading

Microblading adalah teknik tata rias permanen yang melibatkan penggunaan alat dengan beberapa jarum halus untuk menyimpan pigmen ke dalam lapisan di bawah kulit. Sama seperti tato alis, microblading membutuhkan keterampilan khusus, dan bukan sembarang seniman tato yang akan melakukannya. Pastikan untuk mencari di mana mendapatkan microblading terbaik.

5. Membentuk Alis Rumahan

Cara paling dasar untuk mempertahankan alis adalah mencabutinya. Dan itu pasti sesuatu yang dapat dilakukan di rumah sendiri. Untuk hasil terbaik, cabut alis segera setelah mandi, karena pori-pori akan terbuka lebar dan akan lebih mudah untuk mencabut rambut.

Bentuk Alis Terbaik Pada Bentuk Wajah

1. Wajah Persegi

Bentuk alis dengan wajah persegi seperti Aktris Brooke Shields. (Who)

Orang dengan wajah berbentuk persegi, seperti aktris Brooke Shields, akan mendapat manfaat dari alis tebal, tegas, dan linier. Wajah persegi sangat diperkaya dengan sudut dan tidak cocok jika bentuk alisnya berupa lengkungan tinggi.

2. Wajah Kotak Sedikit Tirus

Jika menginginkan tampilan yang berbeda dan lebih bersudut untuk wajah persegi dengan tirus di area dagu, maka cobalah meniru gaya Angelina Jolie. Dia memiliki wajah yang sangat persegi dan lancip di area dagu, jadi dia tidak perlu terlalu menekankan siluet pada wajahnya. Sebagai gantinya, dia memiliki tampilan yang lebih elegan, alis tipis dengan lengkungan sedang dan sudut yang lembut.

Alis mata dengan bentuk wajah hati. (Who)

3. Wajah Berbentuk Hati

Gadis-gadis dengan wajah berbentuk hati terlihat cantik dengan bentuk alis dan lengkungan yang lebih lembut dan tepi yang bundar agar sesuai dengan kontur dahi mereka yang lebih besar. Contohlah Natalie Portman yang selalu membentuk alisnya dengan sangat indah.

4. Untuk Wajah Bulat

Wajah bundar paling baik disajikan dengan alis tebal dan miring. Lengkungan tinggi dan ekor panjang adalah bagian penting dari penampilan, karena dapat membantu membuat kesan wajah lebih panjang dan tajam. Inspirasi tersebut bisa dengan meniru gaya alis Drew Barrymore.

5. Wajah Oval Bulat

Contoh bentul alis untuk wajah oval. (Who)

Wajah oval mirip dengan wajah bundar, meskipun sedikit lebih panjang. Beruntunglah bagi si pemilik wajah oval. Mereka dapat memakai hampir semua gaya alis yang mereka sukai, asalkan tidak terlalu runcing dan tipis. Jika mencari inspirasi khusus untuk wajah berbentuk oval, Cara Delevingne bisa menjadi inspirasi.

6. Wajah Oval Panjang

Perempuan berwajah oval panjang meningkatkan permainan alis mereka dengan sudut yang tajam. Contohlah Megan Fox dengan lengkungan alis yang tinggi dan sudut yang tajam menarik sehingga membentuk mata menjadi lebih hidup.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Close Ads