alexametrics

Langkah Investasi yang Tepat Bagi Perempuan Karir Berdasarkan Umur

12 Januari 2020, 14:20:24 WIB

JawaPos.com – Setiap perempuan memang punya cara sendiri dalam mengelola keuangan, terlebih lagi bagi mereka yang berkarir. Tentu saja, biasanya beda usia, maka berbeda pula cara para perempuan dalam mengatur keuangan, terutama soal investasi.

Dan yang terpenting lagi, investasi merupakan hal penting yang tak boleh diabaikan. Sebab, usia produktif tidak berlaku sepanjang umur manusia. Ada saatnya orang masuk di usia pensiun dan ada kalanya mengalami berbagai hal dalam hidup yang membutuhkan dana lebih.

Nah, bagi Anda yang berkarir, sudahkah memiliki investasi? Berikut investasi yang cocok bagi Anda para perempuan sesuai dengan usia seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (12/1).

1. Investasi bagi Perempuan di Usia 20-an

Bagi Anda yang masih berusia 20-an tahun, biasanya baru saja meniti karir saat ini. Pada umumnya, di usia 20-an, perempuan yang bekerja belum memiliki banyak tanggungan dalam keuangannya. Hal ini tentu akan memberikan keleluasaan untuk mengelola keuangan sendiri, termasuk untuk melakukan berbagai investasi.

Hal pertama yang perlu dilakukan di dalam keuangan adalah dengan menempatkan sejumlah dana darurat di dalam rekening terpisah. Jumlah dana darurat ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya 6 kali jumlah kebutuhan tetap bulanan. Anda juga perlu mengelola risiko kesehatan dan keselamatan, yakni dengan membeli polis asuransi yang tepat.

Selain kedua poin di atas, Anda juga perlu menempatkan sejumlah dana pada investasi. Pilihan investasi berisiko tinggi dengan keuntungan menarik bisa dijadikan pertimbangan, seperti saham dan juga reksadana. Namun sebelum membeli investasi jangka panjang ini, pahami berbagai risiko di dalamnya, sehingga Anda lebih mudah untuk mengelolanya dengan maksimal.

2. Investasi di Usia 30-an

Jika Anda sudah berusia 3-0an, maka kemungkinan Anda sudah membangun keluarga. Sejumlah pengeluaran tetap bulanan tentu semakin meningkat seiring dengan bertambahnya anggota keluarga yang baru.

Anda perlu mengelola keuangan agar berjalan dengan stabil, termasuk memilih investasi yang lebih aman dan sesuai dengan kebutuhan keluarga. Dalam kondisi ini, pendidikan anak-anak menjadi salah satu prioritas penting yang harus diperhatikan, terutama terkait dengan dana pendidikan yang meningkat setiap tahunnya.

Ada banyak investasi yang dapat dipertimbangkan, seperti tabungan pendidikan, asuransi pendidikan, reksa dana yang aman, serta pilihan investasi lainnya yang cenderung aman serta menguntungkan.

3. Investasi di Usia 40-an

Bagi Anda yang memilih dan melakukan investasi jangka panjang tepat di usia 20-an, maka pada usia ini Anda sudah bisa menikmati hasilnya. Sejumlah hasil investasi tersebut akan menambah pundi-pundi rupiah Anda dan membuat kondisi keuangan semakin kuat.

Anda bisa fokus dan mengalokasikan uang untuk persiapan dana pensiun yang lebih maksimal, sehingga keuangan akan menjadi lebih stabil di usia pensiun nanti. Ada banyak pilihan investasi yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan, seperti reksa dana yang memiliki berisiko rendah.

4. Investasi di Usia 50-an

Pada usia 50-an, Anda mungkin sudah pensiun dan melepas pekerjaan utama Anda. Artinya, penghasilan utama Anda akan berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Sehingga Anda perlu mendapatkan sejumlah penghasilan lainnya. Alokasikan dana pensiun Anda dengan tepat, misalnya memilih investasi berisiko rendah seperti reksa dana pasar uang atau bahkan deposito yang lebih aman.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah


Close Ads