alexametrics

Ingin Harmonis? Hilangkan Cemburu dengan 5 Langkah Mudah

12 Januari 2018, 08:00:53 WIB

JawaPos.com – Cemburu katanya tanda sayang. Namun jika berlebihan, justru membuat pasangan merasa tak nyaman. Beberapa orang memang memiliki sikap posesif yang kuat dan cemburu berlebihan.

Cemburu seringkali bisa merusak hubungan harmonis. Cobalah untuk berpikir positif dan tetap sehat agar tidak melulu curiga dengan pasangan. Sebab menjalin hubungan artinya membangun komitmen dan kepercayaan. Ada 5 tips bagi siapa pun agar tidak bersikap cemburu berlebihan, seperti dilansir dari PopSugar, Jumat (12/1).

Kontrol Emosi

Ingin Harmonis? Hilangkan Cemburu dengan 5 Langkah Mudah
Ilustrasi pasangan harmonis (ISTIMEWA)

Dalam sebuah hubungan pasti rentan terhadap kecemburuan. Cemburu bisa tampak seperti kegagalan pribadi mengontrol emosi. Terlalu mengekang pasangan bisa membuat mereka tak nyaman. Cemburu berlebihan bisa membuat keadaan semakin memburuk.

Perkuat Aturan dan Komitmen

Setiap pasangan memiliki batasan dan batasan permisif masing-masing. Misalnya, tak masalah menghabiskan waktu bersama teman-teman dalam satu hari tiap pekan, bebaskan mereka berkumpul dengan teman-temannya.

Saling Percaya

Jika hubungan memiliki konsep komunikasi terbuka, maka tak ada kata cemburu. Bisa meningkatkan keharmonisan dengan saling percaya, sesekali menghubunginya saat bekerja, atau menyewa film lucu, dan menghabiskan waktu berdua. Hal itu bisa menambah waktu berkualitas agar pasangan bercerita siapa semua teman-temannya.

Yakinkan Satu Sama Lain

Cemburu boleh, tetapi dilakukan dengan rasa hormat dan pengertian. Kata-kata menenangkan bisa mengusir rasa cemburu saat tatap muka. Sebaliknya, kata atau verbal yang meruncing bisa mengancam perpisahan.

Ambil Sisi Positifnya

Cemburu atau ngambek dengan pasangan bisa menambah rasa rindu. Akar dari emosi seringkali hanya ketakutan sesaat. Selama pasangan masih merasa cemburu, artinya rasa cinta masih terawat dan pasangan nantinya bisa lebih mengerti apa yang bisa memicu rasa cemburu agar dihindari. 

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ika/ce1/JPC)


Close Ads
Ingin Harmonis? Hilangkan Cemburu dengan 5 Langkah Mudah