alexametrics

Usir Stres dengan 4 Ide Ciptakan Suasana Tenang di Rumah

11 April 2019, 11:15:30 WIB

JawaPos.com – Usai lelah seharian bekerja dan menjalankan rutinitas, inginnya bisa rileks dan nyaman begitu tiba di rumah. Rumah semestinya bisa menjadi pelepas stres dan lelah dengan suasana yang tenang sehingga tubuh dan pikiran dapat terpulihkan kembali.

Dalam keterangan tertulis dari Dulux, Kamis (11/4), seorang psikolog mengungkapkan adanya keterkaitan antara warna dan suasana hati seseorang. Warna dapat memiliki dampak yang sangat besar terhadap kondisi psikologis, emosional, fisik, dan bahkan kesehatan kita.

Kombinasi warna yang dipilih akan memberikan kekuatan yang luar biasa untuk menghadirkan suasana damai serta perasaan tenang dan nyaman di dalam rumah. Selain itu, juga dapat membantu mengatasi tingkat stres agar dapat menenangkan beban pikiran, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, hingga mengurangi tingkat kecemasan.

Dalam rangka merayakan Hari Kesehatan Dunia baru-baru ini, para pakar warna Dulux telah menyusun beberapa daftar kombinasi warna yang paling menenangkan yang dapat dipilih untuk mengubah suasana rumah menjadi tenang, damai dan santai. Keluarga menjadi lebih sehat dan bahagia.

1. Ruang Keluarga
Warna pink pastel yang lembut dapat dipadupadankan dengan nuansa kuning madu yang khas dari warna Dulux Colour of the Year 2019 tentunya akan semakin membuat ruangan terasa lebih tenang dan damai. Pilihlah warna pink yang lembut dan menenangkan, karena warna-warna yang cerah juga dapat dipadukan dengan nuansa kuning madu untuk mendatangkan suasana santai dan energi positif ke dalam ruang keluarga. Tak hanya itu, penggunaan motif garis dengan warna gelap juga dapat memberikan kesan pada langit-langit untuk menghadirkan elemen struktural di dalam rumah, sementara penempatan kain katun dan linen yang sederhana juga mampu menciptakan suasana ruangan menjadi lebih santai.

Ilustrasi rumah yang tenang dan damai. (Dok. Fresh Home)

2. Dapur
Percaya atau tidak, warna pada dapur juga dapat mempengaruhi kebiasaan makan. Penggunaan warna cat tertentu bisa membangkitkan selera makan untuk penghuni rumah atau bahkan juga dapat mempengaruhi mood diet. Gunakan warna Spiced Honey yang hangat sebagai titik fokus pada lemari dapur. Selanjutnya, warna pastel hijau dan krim juga dapat dipilih untuk menghadirkan keseimbangan emosional serta kebiasaan makan yang sehat. Hiasi dapur dengan kayu berwarna pucat dan porselen halus untuk membuat suasana dapur semakin elegan.

3. Kamar Tidur
Sulit bagi kita untuk tidur dengan nyaman ketika mengalami stres, cemas atau marah. Tetapi jika kita merasa tenang, damai dan santai, tidur akan terasa sangat mudah. Pilihlah warna yang menenangkan untuk menciptakan suasana tidur yang kondusif. Perpaduan nuansa karamel hangat yang khas dari Dulux Colour of the Year 2019 dengan perpaduan warna abu-abu yang lembut dapat menjadi langkah penting yang mampu membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Gunakan seprai putih bersih serta karya seni yang simpel untuk melengkapi tampilan sederhana dan santai pada ruang kamar tidur.

4. Kamar Anak
Pastikan memilih warna yang tepat untuk tetap menjaga kenyamanan kamar tidur anak. Warna yang dipilih harus bisa saling melengkapi dan sejajar dalam skema warna (color wheel), karena penggunaan warna yang kontras dapat merangsang mata dan pikiran anak-anak. Penggunaan palet yang indah ini dapat dipadukan dengan baik bersama dengan warna mauve-pink dan abu-abu lembut dengan garis pembatas untuk memberikan kesan berwarna Spiced Honey sehingga mampu memberikan ketenangan serta menciptakan suasana tidur terbaik bagi sang anak.

Editor : Deti Mega Purnamasari

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads