alexametrics

Bikin Masker dan Scrub dari Ketumbar

10 September 2019, 16:49:35 WIB

JawaPos.com – Sedang ingin maskeran atau scrubbing di rumah, tapi persediaan masker dan lulur habis? Coba beranjak ke dapur. Lihat ada bahan-bahan apa yang tersedia. Yap, bumbu dapur yang biasa dipakai untuk memasak bisa difungsikan sebagai masker dan scrub.

Hal itu dijelaskan Mieke Dominique dari Suwe Ora Jamu dalam workshop kemarin (9/9). Hanya berbekal bahan-bahan seperti beras, lengkuas, jahe putih, dan ketumbar, dia bisa meracik masker wajah dalam waktu singkat. ”Bisa pakai beras apa aja. Yang penting direndam dulu dalam air selama satu sampai dua jam,” terangnya di Graha Golf Apartemen.

Beras dicampur dengan jahe putih dan ketumbar. Lalu ditumbuk menjadi satu. ”Oh iya, jahenya harus jahe putih ya. Soalnya kalau jahe merah nanti panas di muka,” ujar Mieke. Sementara itu, jahe putih dapat memberikan efek dingin pada kulit setelah pemakaian.

Saat menumbuk, Mieke menyarankan untuk memberikan sedikit air dan perasan jeruk nipis. Fungsi air agar tumbukan lebih ringan, sedangkan tambahan air jeruk nipis bisa memberikan efek wangi yang segar. Setelah selesai, masker bisa langsung diusapkan pada wajah.

Di sisi lain, membuat scrub lebih mudah lagi. Bahan yang dibutuhkan hanya ketumbar dan virgin coconut oil. ”Ketumbarnya satu sendok makan saja, tambahkan virgin coconut oil secukupnya,” jelasnya.

Sama seperti membuat masker, membuat scrub tidak perlu terlalu lembut. ”Apalagi kan kalau scrub butuh yang agak kasar. Jadi pas dioleskan di kulit bisa mengangkat kulit-kulit mati,” terangnya.

Masker alami relatif lebih aman karena kita tahu kandungannya apa saja. Ditambah lagi, hal tersebut juga bisa menjadi gerakan pengurangan sampah plastik yang dipakai untuk mengemas masker dan scrub yang biasa dibeli.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ama/c25/nor



Close Ads