alexametrics

Harapan Poppy Dharsono Soal Masa Depan Fashion Muslim Indonesia

10 Juni 2019, 12:15:12 WIB

JawaPos.com – Indonesia diproyeksikan menjadi kiblat fashion muslim dunia pada tahun 2020. Selain itu, Jakarta sebagai ibukota negara, diproyeksikan bisa sejajar dengan pusat mode lainnya seperti Paris, Milan, Hongkong, Tokyo, hingga Sanghai. Harapan itu diutarakan Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono dalam penutupan acara Ramadan Runway 2020 pada 16 Mei 2019 hingga 9 Juni 2019 di Kota Kasablanka, Jakarta, Minggu (9/6).

Poppy mengaku optimis Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia di 2020. Menurutnya, geliat industri fashion muslim memang tak bisa dipandang sebelah mata. Tantangan untuk terus berinovasi pun terus memanggil untuk menghidupkan tren terbaru.

“Saya kira itu logis dan optimis kita menuju ke sana (kiblat fashion muslim dunia). Kami akan terus menyiapkan para desainer dan pelaku mode untuk terus mengeluarkan karya-karya muslim terbaik sehingga sejalan dengan misi pemerintah,” jelas Poppy kepada wartawan.

Dia menginginkan agar Jakarta khususnya bisa setara menjadi salah satu bagian dari mode dunia seperti deretan pusat mode lainnya. Semangat itu diyakininya setelah melihat perkembangan industri fashion selama 25 tahun sebagai pelopor Indonesia Fashion Week (IFW).

“Tujuan APPMI membuat Jakarta atau Indonesia jadi salah satu bagian fashion dunia, mungkin enggak bisa jadi pusat fashion akan tetapi jadi salah satu bagian dari fashion-fashion internasional. Saya berharap lebih, bahwa dengan spirit persatuan dan kesatuan mampu selenggaraan hal besar bersama-sama. Kita selenggarakan dengan niat. Modalnya adalah network, nama baik, dan brandnya,” katanya.

Koleksi Ramadan Runway Rancangan Poppy Dharsono

Sebagai persembahan untuk pagelaran Ramadan Runway, Poppy Dharsono menghadirkan 12 look koleksinya. Terdiri dari berbagai busana panjang, tunik, dan outer hingga busana pria dengan tema Gold and Black. Tema itu merepresentasikan dirinya dan kekuatan dalam berbusana. Bahan yang digunakan terdiri dari siffon, silk, jacquard, bordir, kulit, hingga velvet.

“Sesuai karakter saya, yaitu gold and black. Sebab hitam dan gold adalah sesuatu yang klasik. Warna hitam adalah warna fashion yang kuat dan mudah dipadupadankan,” tegasnya.

Selain Poppy Dharsono, ada banyak rancangan desainer lain dalam pagelaran Ramadan Runway seperti Ivan Gunawan , Si.se.sa by Merry Pramono, Dian Pelangi, Jeny Tjahyawati, Ida Royani, Hengki kawilarang, Defrico Audy, Ayu Dyah Andari, Jenahara, Hengki Kawilarang, Sikie Purnomo, Agnes Budi Surya, Naniek Rachmat, Lia Soraya Errin Ugaru, Leny Rafael, irwan Mec, Lia Baraba, dan dari Pilipina Mac Tauq, dari Malaysia Raja Rezza, Siti Khadijah, Calvin Thoo, Yani Baktiar ikut menampilkan koleksinya.

“Ramadan Runway 2020 ini merupakan acara yang sudah berlangsung ke-8 kali. Sekitar 70 persen diramaikan oleh para desainer ternama dan 30 persen dari para artis ibukota,” tutup Ketua Pelaksana Ramadan Runway 2020 Jeny Tjahyawati.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads