alexametrics

Perpaduan Kurma, Pisang dan Yogurt ala Bartender Aston, Seger Banget

10 Mei 2019, 16:53:37 WIB

JawaPos.com – Kurma, buah yang menjadi salah satu makanan pokok masyarakat di Timur Tengah, selama ribuan tahun lamanya. Biasanya hadir di meja makan masayarakat muslim Indonesia saat bulan Ramadan tiba.

Tak hanya bisa dimakan langsung, kurma juga bisa diolah menjadi menu kuliner yang sangat menarik. Bahkan, ditangan Bartender Aston Priority Simatupang Hotel and Conference Center Regy Raharjo, buah kurma bisa diolah menjadi minuman lezat dan sehat.

Minuman itu dipercaya bisa memulihkan energi saat berbuka karena memberikan kalori yang cukup besar. Namanya Kurma Milky Punch. Di dalamnya ada pisang dan yogurt.

Perpaduan Kurma, Pisang dan Yogurt ala Bartender Aston, Seger Banget
Bartender Aston Priority Simatupang Hotel and Conference Center Regy Raharjo, (Dery/JawaPos.com)

“Kita tahu bahwa pisang dan kurma sama-sama memberikan energi dan bikin perut kenyang saat buka puasa, tapi juga menyegarkan,” tuturnya kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Berikut Bahan-bahan Kurma Milky Punch:

3-4 butir kurma
Pisang 1 buah
Sirup jeruk
Yogurt
Sirup cocopandan
Air secukupnya

Cara Membuat:
Cukup campurkan semua bahan di dalam blender menjadi satu. Tambahkan kurma, pisang, yogurt, dan aneka sirup dan air. Yogurt berfungsi sebagai pengikat atau katalis agar minuman mudah tercampur lebih lembut. Jika ingin ditambah es batu, bisa disesuaikan sesuai selera. Sajikan.

Manfaat Kurma, dilansir dari Natural Food Series, Jumat (10/5), kurma memiliki manfaat bagi kesehatan. Di antaranya:

1. Bantu Meringankan Sembelit
Kurma digunakan secara tradisional sebagai pencahar alami untuk mengatasi sembelit.

2. Menyediakan Sumber Energi
Kurma terdiri dari gula sederhana, terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa, yang banyak digunakan untuk energi oleh tubuh. Mengonsumsi beberapa kurma sebelum berolahraga atau aktivitas berat memberi energi yang cukup untuk melakukan intensitas tinggi.

3. Turunkan Kadar Kolesterol
Varietas kurma jenis Hallawi telah menunjukkan potensi dalam mengurangi kadar kolesterol darah. Varietas Hallawi juga memiliki proporsi katekin yang lebih besar, senyawa yang terkait dengan teh yang memiliki efek menurunkan kolesterol.

4. Atur Tekanan Darah
Salah satu fitur yang menarik dari kurma adalah kandungan natriumnya sangat rendah sehingga dapat cukup kalium. Kita tahu bahwa natrium (garam) yang berlebihan adalah faktor utama penyebab tekanan darah tinggi, tetapi kalium memberikan efek pengendalian, membantu mempromosikan ekskresi natrium.

5. Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar
Kurma memelihara bakteri usus dan mengurangi respons peradangan tubuh. Pembentukan polip yang berisiko menjadi kanker usus berkurang.

Lalu Apa Manfaat Pisang? Dilansir dari Medical News Today, Jumat (10/5), makan pisang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko kanker dan asma. Pisang dipercaya mengandung potasium yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan kesehatan jantung dan pencernaan.

Pisang juga kaya akan kalium dan serat. Pisang dapat membantu mencegah asma, kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan masalah pencernaan.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads