alexametrics

Simak 7 Tips Pilih Cat Rumah Agar Tak Salah Warna

9 April 2019, 12:15:14 WIB

JawaPos.com – Rumah yang indah bisa terlihat dari padu padan warna cat dinding yang digunakan. Warna dinding yang serasi bisa membuat si penghuni dan bahkan tamu yang berkunjung merasa nyaman dan hangat.

Bahkan, cat rumah bisa menggambarkan kepribadian sang pemilik rumah. Namun, karena banyaknya warna, tak jarang penghuni rumah kebingungan mencari warna yang cocok untuk rumahnya. Tapi, bukan berarti tak ada solusi untuk menemukan warna cat dinding yang tepat.

Dilansir dari Hey There Home, Selasa (9/4), ada 8 tips untuk memilih warna cat yang tepat untuk menghindari kesalahan warna. Jangan sampai sudah mengecat rumah, ternyata timbul penyesalan.

Sesuaikan dengan Furnitur

Akan jauh lebih mudah untuk memilih warna cat yang sesuai dengan furnitur dan dekorasi daripada memilih cat yang bertabrakan dengan dekorasi.

Mulailah Dengan Inspirasi

Mulailah mencari inspirasi untuk warna cat. Pilihlah sekitar 10 warna, maka Anda akan merasakan warna dan gaya seperti apa yang cocok.

Pilih Warna Netral

Jika pilihannya adalah dinding seluruh rumah, lebih baik warna di ruangan itu harusnya cukup netral sehingga tidak terlalu banyak kontras. Sementara untuk kamar mandi bisa memilih warna lebih tebal atau tetap netral seperti putih.

Gunakan cat dinding berwarna netral seperti putih. (Homey Oh My)

Uji Beberapa Warna

Cobalah beberapa warna dulu di dinding sehingga Anda dapat melihat bagaimana cahaya yang memantul pada warna tersebut.

Mencocokan dengan Furnitur

Jangan hanya menguji warna di dinding. Sebagai gantinya, lukis selembar papan poster dan dekatkan di sofa, meja, atau benda-benda lain yang akan ada di ruangan. Ini untuk melihat kecocokkan cat dengan furnitur.

Pahami Undertones

Gunakan warna paling gelap untuk kombinasi. Ini akan menyelamatkan warna yang terlalu mencolok. Cat yang terlalu merah muda, terlalu biru, terlalu kuning, dan lainnya.

Punya Tema

Terutama di kamar-kamar bisa mempertimbangkan tema yang cocok. Jika ingin memainkannya dengan aman dan menggunakan satu warna, maka pilihlah ingin warna terang atau warna gelap.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads