alexametrics

Tips Mudah Kukus Dimsum di Rumah, Dijamin Jadi Lebih Enak

9 Maret 2019, 10:26:59 WIB

JawaPos.com – Terlalu banyak camilan atau snack gorengan tentu tidak baik bagi tubuh. Sebab, kandungan kolesterolnya yang tinggi karena proses menggorengnya dengan minyak. Maka cobalah alternatif camilan asal Tionghoa, Dimsum.

Dimsum jauh lebih sehat karena cara memasaknya dengan dikukus atau steam. Camilan asal Tiongkok ini juga banyak digemari masyarakat Indonesia. Terbukti, banyak resto yang menyajikan menu dimsum dengan berbagai topping atau isi.

Salah satunya adalah Resto Momiji di Hotel Aston Simatupang yang menyediakan menu dimsum. Chef Resto Momiji Didi Aliyadi memberikan tips bagi masyarakat bagaimana bisa mengukus dimsum di rumah dengan cara yang tepat dan lezat.

“Dimsum itu dikukus. Suhunya cukup 80 derajat sudah bisa dinikmati. Sehingga, cukup hangat,” katanya kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Menurut Chef Didi, tahapan mengukus dimsum adalah pertama jangan mengukus dimsum dalam keadaan beku (frozen). Ketika dikeluarkan dari kulkas atau freezer, dimsum harus dibiarkan mencair atau lembek dulu.

“Setelah melted baru bisa dikukus. Jangan frozen dikukus, nanti bisa tak matang tengahnya atau ada bagian yang tak matang merata,” jelasnya.

Kemudian, untuk mendapatkan rasa yang lezat dan legit hingga di bagian tengah gigitan, maka mengukusnya cukup 5-10 menit.

Berbagai jenis dimsum yang menjadi favorit di antaranya Ha Kaw diisi dengan udang, siew mai bisa diisi dengan ayam atau udang, ba pao, gyoza, ceker, chicken dumpling, dan aneka dimsum lainnya. Semuanya bisa disantap sesuai selera.

“Lalu biasanya disantap dengan sumpit dan dalam beberapa porsi. Temannya biasanya teh hijau,” katanya.

Chef Didi mempersilahkan kepada pengunjung sesuai selera jika ingin menyantap dimsum tanpa saus atau dengan saus. Saus yang dihidangkan bisa berupa saus sambal biasa atau resep otentik seperti kecap asin, cuka yang dicampur irisan jahe, dan minyak biji cabai.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads
Tips Mudah Kukus Dimsum di Rumah, Dijamin Jadi Lebih Enak