alexametrics

Ikuti 7 Langkah Tepat Agar Karir Cepat Meroket

8 September 2019, 08:35:56 WIB

JawaPos.com – Membangun karir bukan hal yang mudah, mengingat ketatnya persaingan di dunia kerja. Tanpa nilai lebih, Anda tidak akan mampu bersaing dengan rekan kerja lain yang dapat mengakibatkan perjalanan karier jalan di tempat. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Itu sebabnya membangun dan mengembangkan kemampuan diri sangatlah penting. Makin baik diri Anda, maka semakin baik pula peluang karier yang akan diperoleh. Cerdas dan kreatif saja bukan tolak ukur untuk sukses dalam berkarir. Sebab, masih banyak hal yang perlu diperhatikan untuk mendongkrak karir di dunia kerja. Setidaknya, ada 7 membangun karir agar cepat menanjak seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (7/9).

1. Rencanakan Kegiatan setiap Hari

Apa yang ingin Anda lakukan tentu harus direncanakan pada hari-hari sebelumnya. Mulai dari kegiatan yang hendak dilakukan setelah bangun pagi, hingga tugas yang akan diselesaikan di kantor nanti. Perencanaan membantu Anda untuk bekerja produktif. Sehingga waktu yang Anda miliki tidak terbuang dengan sia-sia. Hasil dari produktivitas kerja akan membantu Anda untuk mencapai sebuah kesuksesan. Perlahan tapi pasti. Itulah esensi yang bisa Anda dapatkan dengan merencanakan kegiatan.

2. Pelajari Budaya Kerja di Perusahaan

Budaya berkaitan dengan tradisi dan kebiasaan yang berlaku di perusahaan atau organisasi tertentu. Budaya ini bisa berbeda-beda antara yang satu dengan lainnya. Tugas Anda adalah mencoba mempelajari budaya kerja yang ada di tempat kerja. Mulai dari budaya berpakaian, cara mengumpulkan tugas, budaya saat menghadiri rapat, pokoknya semua aktivitas atau kode etik yang diterapkan oleh perusahaan. Mengetahui budaya kerja akan membantu Anda untuk melakukan penyesuaian. Sehingga Anda tidak lagi menjadi orang asing di perusahaan tersebut.

3. Bina Hubungan Baik di Kantor

Ilustrasi membangun hubungan yang baik dengan teman kerja. (Fast Company)

Hubungan atau relasi yang Anda bangun hari ini sangat berguna untuk perkembangan karir di masa mendatang. Terutama bila Anda ingin mengabdi pada satu perusahaan saja. Hubungan baik akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dan membangun relasi, baik dengan atasan, sesama kerja, maupun klien perusahaan.

Hubungan baik bisa dibina dengan cara mau membuka diri kepada orang-orang baru, bersikap ramah, santun, dan mau menolong sesama rekan kerja yang membutuhkan bantuan. Jika suatu saat Anda membutuhkan bantuan, rekan-rekan pasti akan berusaha membantu.

4. Kuasai Banyak Bidang Keterampilan

Menguasai satu bidang saja tidaklah cukup untuk mendongkrak karir. Anda harus bisa menguasai banyak bidang sekaligus, sehingga peluang untuk menjajal karir yang lebih tinggi semakin terbuka lebar. Dalam hal ini, Anda perlu belajar dengan tekun agar pengasahan potensi dan kemampuan dalam diri menjadi maksimal. Proses belajar yang bisa Anda lakukan seperti mengikuti seminar, workshop, pelatihan khusus, ataupun bergabung pada organisasi atau lembaga tertentu sesuai dengan bidang yang ingin dikuasai. Geluti bidang tersebut secara serius untuk memaksimalkan ilmu yang ada di dalamnya. Adapun ilmu yang didapat suatu saat bisa diaplikasikan di perusahaan untuk membuktikan kalau Anda lebih unggul daripada karyawan lain

5. Aktif Menyampaikan Pendapat

Perusahaan tempat Anda bekerja butuh berbagai ide untuk memajukan perusahaan. Sebagai karyawan, Anda perlu menyampaikan ide-ide brilian ini kepada perusahaan kapanpun perusahaan membutuhkannya. Misalnya saat rapat atau meeting dan evaluasi kerja. Ide ini bisa mencakup inovasi dalam kegiatan produksi atau pemasaran, perubahan sistem, ataupun saran yang sifatnya membangun, sehingga perusahaan tetap unggul daripada para kompetitor yang ada di luar sana. Sampaikan pendapat Anda dengan tegas dan berani, sehingga atasan percaya kalau pendapat tersebut layak untuk diterapkan. Siapkan pula kalimat atau bukti yang bisa mendukung pendapat Anda. Jadi ketika pendapat disanggah, setidaknya Anda bisa memberi argumen terhadap apa yang telah dsampaikan.

6. Cerdas secara Emosional

Di dalam dunia kerja, Anda tidak bisa hanya mengharapkan suka atau enaknya saja. Pasti akan ada duka atau tangis yang tak jarang membuat Anda ingin menyerah dalam meniti karier. Tapi demi perubahan ke arah yang lebih baik, Anda perlu belajar mengenai cara mengontrol emosi.

Apa yang Anda rasakan saat ini tidak boleh diluapkan begitu saja di dunia kerja. Anda perlu menahan emosi yang ada dalam diri demi profesionalitas kerja. Ketika emosi muncul, coba cari cara untuk menenangkan diri dalam waktu singkat. Misalnya minum kopi, jalan-jalan di sekitar kompleks kantor, atau makan permen. Dengan demikian, pikiran bisa kembali bersih, Anda pun bisa melanjutkan pekerjaan dengan baik tanpa ada pikiran yang mengganggu.

7. Berani Gagal

Sebelum mencapai kesuksesan karier, Anda pasti akan mengalami yang namanya gagal. Baik itu gagal menyelesaikan proyek, gagal dipromosikan, dan masih banyak lagi. Tapi ingat, kegagalan bukan hal yang harus dipikirkan sampai berhari-hari apalagi berbulan-bulan.

Coba segera move on setiap kali Anda mengalami kegagalan, sehingga Anda bisa membali fokus pada hal-hal penting yang bisa mendongkrak karir. Ingatlah kalau kegagalan adalah kunci kesuksesan. Mungkin tanpa kegagalan, Anda tidak akan mau belajar memperbarui diri karena sudah menganggap diri superior. Tapi dengan adanya kegagalan, Anda mampu membentuk diri menjadi lebih baik sampai akhirnya bisa sukses.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah



Close Ads