alexametrics

Ternyata Ini Alasan Setiap Minum Kopi Terasa Mulas Seperti Ingin BAB

8 Januari 2019, 12:00:36 WIB

JawaPos.com – Ada kenikmatan tersendiri ketika menyeruput secangkir kopi di pagi hari. Sebab, buat sebagian orang meminum kopi bisa membangkitkan mood Anda. Kopi bahkan bisa menjadi teman kerja atau hang out bareng teman.

Tetapi ada beberapa orang yang merasa terganggu ketika menyeruput kopi. Alasannya, ketika meminum kopi, perut akan terasa mulas hingga akhirnya buang air besar atau BAB. Ini dikarenakan adanya reaksi pencernaan.

Lalu apakah ada hubungannya antara pencernaan dengan kopi?

kopi, minum kopi, efek minum kopi, hubungan kopi dan mulas, kopi bikin perut mulas,
Pada dasarnya, kopi merangsang sistem pencernaan. (Liquidline)

Pada dasarnya, kopi merangsang sistem pencernaan. Para peneliti mengamati bahwa ada pengaruh kafein terhadap pencernaan tersebut.

Setiap kali Anda makan, perut akan meregang dan mengirimkan sinyal ke usus besar. Tubuh Anda mengirimkan sinyal-sinyal itu melalui proses yang disebut peristaltik.

“Pada dasarnya kontraksi otot di seluruh usus Anda yang memindahkan makanan melalui sistem Anda. Dan kopi mempercepat proses itu,” kata Rudolph Bedford, M.D., seorang ahli pencernaan di Providence Saint John’s Health Center, dilansir dari Women’s health, Selasa (8/1).

Selain mempercepat kontraksi, kafein juga menyebabkan otot-otot kolon atau usus besar menjadi rileks. Orang mengalami refluks asam ketika meminum kafein.

Selain dari kafein, sifat asam dari minuman yang diseduh menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak empedu (jenis pahit, zat alkali yang membuat perut Anda bergejolak) yang menumpuk di usus Anda. Sehingga kelebihan empedu adalah alasan mengapa sebagian orang sebenarnya terkena diare dari minum kopi.

Sedikit saran, sebelum meminum kopi ada baiknya Anda memakan sesuatu seperti kue. “Semakin banyak Anda makan dengan kopi, semakin kecil kemungkinan Anda bergegas ke kamar mandi,” kata Bedford.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Inriyani Sembiring


Close Ads
Ternyata Ini Alasan Setiap Minum Kopi Terasa Mulas Seperti Ingin BAB