alexametrics

Tak Sekadar Resign, Catat 4 Manfaat dari Surat Rekomendasi Kerja

7 Oktober 2019, 14:06:04 WIB

JawaPos.com – Resign atau keluar dari pekerjaan yang ada saat ini merupakan hal yang wajar untuk mendapatkan nilai hidup yang lebih baik. Entah dari sisi amteri maupun pengalaman kerja dan relasi.

Nah biasanya ketika resign, perusahaan akan mengeluarkan surat rekomendasi kerja selama di sana. Tapi, surat rekomendasi kerja bukan sekadar lembaran kerja pengesahan kalau Anda sudah tak bekerja lagi di Perusahaan tersebut.

Setidaknya ada empat manfaat yang bisa Anda dapatkan dari surat rekomendasi kerja seperti dilansir dari Cermati.com, Senin (7/10). Sehingga, saat ini berencana untuk resign kerja dan ingin berpindah ke perusahaan baru lainnya dan untuk keperluan lain, jangan lupa minta surat rekomendasi.

1. Sebagai Senjata Mendapatkan Pekerjaan Baru

Sudah menjadi rahasia umum bahwa surat keterangan dapat membantu dan memudahkan dalam mendapatkan pekerjaan baru. Surat itu bisa ditambahkan dalam dokumen lamaran pekerjaan Anda.

Selain itu, surat keterangan kerja juga sangat berguna untuk melihat progres karier Anda selama ini. Sehingga perusahaan baru akan mendapatkan gambaran sebelumnya.

Namun, biasanya minimal posisi yang Anda tempati sebelumnya adalah supervisor untuk bisa mendapatkan surat keterangan kerja tersebut.

2. Bisa untuk Mengajukan Beasiswa Jalur Profesional

Fungsi lain dari surat keterangan kerja adalah untuk persyaratan mengajukan beasiswa jalur profesional. Tentunya persyaratan tersebut adalah berupa lampiran-lampiran (selain surat keterangan kerja) yang telah dilegalisir dan disetujui keabsahannya oleh pihak perusahaan.

Surat keterangan kerja ini digunakan pada masa pendaftaran beasiswa profesional. Baik itu beasiswa yang diberikan oleh pihak swasta, maupun pihak pemerintah. Karena surat keterangan kerja ini merupakan salah satu dari persyaratan pengajuan beasiswa. Maka tidak ada salahnya, Anda mengetahui apa saja persyaratan pengajuan beasiswa profesional yang mencakup surat keterangan kerja di atas.

Pertama, surat keterangan kerja harus berisikan kop surat, nama perusahaan, alamat perusahaan, dan nomor telepon perusahaan tempat kamu bekerja.

Kedua, harus ada perihal surat tersebut. Tak lupa pula, kelengkapan isi surat yang berisikan informasi tentang nama karyawan, jabatan, dan nomor indentitas kependudukan (KTP). Ketiga, pihak yang mengajukan beasiswa memberi penjelasan bahwa ia benar-benar merupakan karyawan dan memang bekerja di salah satu perusahaan.

Terakhir, agar surat tersebut sah secara administrasi, yakni legalitasnya benar adanya, maka surat tersebut diberi tanda tangan dan legalisir dari bagian personalia di kantor Anda bekerja saat ini.

3. Bisa untuk Mengambil Dana BPJS Ketenagakerjaan

Kegunaan surat rekomendasi kerja berikutnya adalah untuk mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan. Surat keterangan kerja merupakan salah satu syarat yang penting dalam pencairan dana. Karenanya, Anda dapat menggunakannya dengan mudah. Cukup dengan fotokopi dan melegalisir surat keterangan kerja yang telah didapatkan, Anda bisa mencairkan setidaknya 10-30 persen dari dana BPJS atau secara keseluruhan dengan ketentuan yang berlaku.

4. Syarat Pinjaman Melalui Bank

Jika Anda berniat pinjam uang dengan nilai tertentu, maka surat keterangan kerja ini merupakan salah satu persyaratannya. Karena dengan surat keterangan kerja, akan memudahkan pihak bank untuk memperkirakan apakah Anda sanggup membayarnya nanti.

Pun demikian dengan peminjaman berupa kredit barang. Biasanya pihak bank akan meminta surat keterangan kerja ini untuk dijadikan persyaratan formal, agar nantinya bank bisa melihat latar belakang pekerjaan peminjam.

Intinya, pihak bank agak sedikit ragu bila dirasa pekerjaanmu tidak akan sanggup membayar pinjaman uang atau barang, berikut dengan bunga-bunga yang telah bank tentukan. Tapi sebaiknya Anda meminimalisasi meminjam melalui bank, disebabkan berlipatnya bunga.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah



Close Ads