alexametrics

5 Masalah yang Timbul Akibat Tidur Saat Rambut Masih Basah

7 Juni 2020, 12:12:25 WIB

JawaPos.com – Banyak dari kita menghadapi masalah rambut rontok dan kulit kepala. Ternyata bukan hanya karena sampo, tapi tidur dengan rambut basah bisa menjadi salah satu alasannya.
Banyak dari kita mandi di sore atau malam hari dan lupa mengeringkan rambut sebelum tidur.

Lalu saat mata mulai terlelap, Anda lupa dan tertidur dengan rambut masih dalam kondisi basah.
Salah satu efek samping utama tidur dalam rambut yang basah adalah iritasi kulit kepala dan rambut rontok.  Masalah kulit kepala seperti ketombe dan lainnya dapat terjadi karena sarung bantal yang lembab.

Ketika tidur dengan rambut basah, lingkungan yang lembap dan hangat akan tercipta. Maka itu dapat meningkatkan peluang pertumbuhan bakteri.

Selain masalah rambut dan kulit kepala, ada masalah lain yang bisa ditimbulkan saat tidur dengan rambut basah seperti dilansir dari Pink Villa, Minggu (7/6). Maka selalu lebih baik untuk mengeringkan rambut, menyisir untuk menghindari kerusakan dan masalah lainnya.

1. Kusut

Rambut basah sangat rapuh dan kemungkinan simpul serta rambut semakin kusut. Setelah bangun di pagi hari, Anda akan menemukan bahwa rambut sangat sulit diatur dan sulit dilepaskan.

2. Rambut Lepek

Rambut lembap menciptakan gesekan yang lebih kuat pada bantal dan hal yang sama dapat menyebabkan rambut kusut. Jika Anda memiliki rambut tipis, maka tidur tanpa mengeringkan rambut dapat menyebabkan rendahnya tingkat volume rambut. Dan tentu saja, menjadi lepek.

3. Sakit kepala

Tidur dengan kepala basah dapat menyebabkan sakit kepala. Sesuai para ahli, rambut basah dapat menurunkan suhu tubuh kita dan dapat menyebabkan sakit kepala ketika tubuh mencoba untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, rambut yang dibungkus handuk dapat menyebabkan rasa sakit pada kepala.

4. Rambut bercabang

Salah satu penyebab terlalu banyak ujung rambut bercabang bisa karena terlalu sering tidur dengan rambut basah. Rambut akan rusak tergesek ketika basah secara konstan sepanjang malam.

5. Masalah kulit

Tidur dengan rambut basah tidak hanya menyebabkan masalah pada rambut tetapi juga dapat merusak kulit kepala dan wajah. Ada kemungkinan bahwa selama tidur rambut bisa menutupi wajah kita. Dan kombinasi rambut basah bisa mendukung pertumbuhan bakteri yang mengiritasi kulit wajah.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads