alexametrics

Dulu dan Sekarang, Jenahara Bicara Soal Modest Wear Konvensional

7 April 2019, 07:08:27 WIB

JawaPos.com – Busana muslim kini semakin terlihat modern dan berkembang pesat. Salah satunya terlihat dari beberapa desainer modest wear Indonesia yang berhasil menembus panggung mode dunia.

Tentunya, perkembangan modest wear yang terlihat saat ini jauh berbeda jika dibandingkan 10 tahun lalu. Seperti yang diungkapkan Desainer Jenahara. Sebagai perempuan yang sudah berhijab sejak usia 13 tahun, Jenahara mengamati bahwa busana muslim dulu dengan sekarang sangat berbeda.

“Kalau dari awal aku ngeluarin koleksi 2011, aku sempat bicara bahwa tahun 2010 ke bawah perkembangan muslim ga kaya sekarang. Zaman dulu pake hijab konvensional banget, harus atasan bawahan kerudung jadi satu, itu yang terjadi,” kata Jenahara, desainer, ketika ditemui JawaPos.com di kantor Jawa Pos Graha Pena, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan anak muda dulu tidak sebanyak sekarang yang memakai hijab. Karena pilihan busana muslim dulu sangat sedikit. Ketika pertama kali Jenahara mengeluarkan koleksi, sangat sulit dan membutuhkan waktu yang lama agar karyanya diterima di kalangan masyarakat.

“Aku hidup di tengah lingkungan seperti itu dimana aku juga punya my own opinion, my own style, personality. Pengen banget gimana caranya para perempuan bisa tetep tampil keren tapi ga ribet, cuman konsep itu belum bisa diterima pada saat itu,” tambah Jenahara.

Sampai pada akhirnya Jenahara bertemu dengan komunitas hijaber. Saat itu ia melihat banyak perubahan bahwa anak muda mulai senang memakai hijab. Perempuan berusia 34 tahun ini, semakin yakin anak muda memang selalu membawa perubahan.

Sejak pertama kali merancang busana muslim, Jenahara selalu tidak pernah menjual baju yang sama dengan jumlah yang banyak. Karena setiap orang bisa menciptakan gayanya sendiri sesuai kepribadian masing-masing.

“Jadinya ketika aku membuat koleksi, aku ga mau mendikte mereka, akhirnya dari awal aku bikin konsep yang lebih simple, karena tujuannya seperti itu,” ucap Jenahara. Oleh sebab itu, sebagian orang sudah nyaman dengan tren fast fashion dimana semua orang memakai busana minimalis dan mix and match.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Inriyani Sembiring



Close Ads