alexametrics

Meneropong Tahun Babi Tanah 2019: Sifat Kayu Cocok Memimpin

5 Februari 2019, 12:00:13 WIB

JawaPos.com – Salah satu yang membikin tegang tahun ini adalah aksi dukung-mendukung terkait pemilihan presiden. ”Kedua pihak sama-sama memiliki pendukung yang kuat,” kata Miss Vanessa.

Perempuan 37 tahun itu menyatakan, pendukung fanatik bisa memperkeruh suasana. ”Tahun ini masih ada beberapa oknum yang baik di depan, tetapi ternyata menyimpan kebusukan,” kata perempuan multitalenta tersebut. Karena itu, lanjut dia, masyarakat harus cerdas.

Mincie Tan juga mengatakan, bisa terjadi perang berita miring. Konsultan tarot di Komunitas Tarot Surabaya itu mengingatkan bahwa tahun ini banyak orang yang tidak bisa membedakan ilusi dan realitas. ”Karena itu, harus cek data. Apakah benar? Itu sebelum meyakini sesuatu,” jelas Mincie.

Erwin Yap, ahli fengsui dari Jakarta, menuturkan bahwa politik berunsur logam. Sayangnya, logam tersebut banyak mendapat pengaruh dari api. ”Ibarat pedang yang tajam, tapi selalu dipanaskan dengan bara api. Jadinya tumpul,” ungkapnya.

Menurut Erwin, tahun ini bakal keruh. Sebab, elemen dasar babi adalah air. Namun, tahun ini air itu bercampur dengan elemen tanah. ”Berpengaruh juga kan bagi seseorang dalam mengambil keputusan,” ucapnya. Karena itu, lanjut Erwin, tahun ini Indonesia sangat membutuhkan atmosfer politik yang bagus.

Menurut Erwin, Indonesia yang merupakan negara berkembang membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki sifat-sifat kayu. Kayu adalah satu-satunya elemen yang hidup. Mampu tumbuh dan berkembang layaknya tanaman.

Namun, kayu juga tidak bisa sendirian untuk menjamin kualitas pertumbuhan dan perkembangannya. Butuh elemen tanah, air, dan matahari (api) untuk menghasilkan buah yang bagus.

Tanah adalah media hidup kayu. Tanah ibarat rakyat, ada di mana-mana. Sosok pemimpin nanti harus merespons hal itu. Merakyat.

Pemimpin nanti juga membutuhkan elemen air. Yakni, komunikasi. Karena itu, sosok pemimpin yang bersifat kayu akan memiliki kekuatan dalam berkomunikasi. Sosok tersebut mampu mendengar aspirasi rakyat dengan baik.

Lalu, elemen matahari atau api terbit dari timur dan tenggelam di barat. Sifatnya juga hanya memberikan cahaya. Tidak pernah meminta. Karena itu, pemimpin dengan sifat kayu akan bisa mewujudkan elemen tersebut. Dia adalah sosok yang memiliki filosofi hidup yang jelas, teratur, disiplin, dan tanpa pamrih.

Wah, siapa kira-kira pemimpin yang punya sifat kayu tersebut? 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (ras/han/c15/dos)



Close Ads
Meneropong Tahun Babi Tanah 2019: Sifat Kayu Cocok Memimpin