alexametrics

Ulik Pesan di Balik Batik Jokowi

5 Januari 2018, 07:15:18 WIB

JawaPos.com – Banyak cara yang dilakukan para pemimpin untuk menyampaikan pesan pada masyarakat. Salah satunya lewat gaya berbusana.

Balutan busana yang dikenakan Presiden Joko Widodo ternyata memiliki pesan tersembunyi. Jika di awal kepemimpinan Jokowi menunjukkan kesederhanaan dengan sering tampil menggunakan kemeja putih, justru belakangan ini ayah tiga anak itu menghadirkan gaya fesyen kekinian yang sederhana. Termasuk dalam memilih motif kemeja batik. Jokowi dinilai berupaya merangkul seluruh rakyat Indonesia mempersatukan perbedaan melalui fesyen.

“Beliau (Presiden Jokowi) itu sosok yang punya identitas, ceritanya finding personality. Awalnya beliau pakai putih aja. Tapi dari sisi problematika kebinekaan, suku dan budaya ragamnya banyak banget, maka Jokowi memutuskan tak boleh hanya menjadi sederhana,” kata Kritikus Mode Sonny Muchlison kepada JawaPos.com, Rabu (1/3).

Ulik Pesan di Balik Batik Jokowi
Presiden Jokow Widodo Kenakan batik didampingi sejumlah menteri (DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)

Maka dia berupaya untuk menyeimbangkan budaya Nusantara, bukan melulu Jawa sentris. Terlihat dari motif batik yang selalu dia kenakan di berbagai kesempatan dan momen kenegaraan. Sonny menilai motif batik Jokowi tidak pernah secara khusus memberi ciri khas kuat batik Solo.

“Beliau menggunakan batik, meski orang asli Solo, trahnya kuat, tetapi beliau mencoba tak menjadi orang Solo. Tak memakai batik Solo atau Jogja,” katanya.

Bahkan Jokowi sering juga menampilkan pakaian tradisional lain seperti tenun dari wilayah Timur Indonesia.

“Sehingga Pak Jokowi itu memberikan gambaran bahwa batik itu tak harus melulu Solo, Jawa keraton. Tetapi batik di luar keraton juga bagus-bagus lho. Cara itu menjadi simbol persatuan bagi negara kita,” tegas Sonny.

Pesan keragaman dan persatuan lewat pakaian Jokowi juga tercermin dalam setiap perayaan momen nasional seperti HUT RI 17 Agustus, Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan, Jokowi selalu menggunakan pakaian daerah atau tradisional. Bukan dari Solo atau Pulau Jawa, Jokowi sering menampilkan pakaian daerah dari daerah lain.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ika/ce1/JPC)



Close Ads
Ulik Pesan di Balik Batik Jokowi