alexametrics

Self-care, 3 Jurus Jitu Untuk Ibu Atasi Stres Selama Pandemi

4 April 2021, 11:39:39 WIB

JawaPos.com – Pandemi telah membawa perubahan dramatis pada kehidupan hampir semua orang, tak terkecuali bagi sosok ibu. Mulai dari menjadi garda terdepan penjaga kesehatan keluarga, pengelola keuangan, hingga memastikan pertumbuhan dan proses pembelajaran anak tetap berjalan dengan baik. Untuk mengatasi stres para ibu, ada beberapa kiat bagi mereka.

Dalam #MYBABYMomversity 2021 dengan tema Smart Parenting in Uncertain World diungkap sebuah studi dari UN Women mengungkapkan 57 persen perempuan mengalami peningkatan stres dan kecemasan, akibat bertambahnya beban mengurus keluarga dan juga pekerjaan rumah tangga, serta permasalahan ekonomi. Belum lagi ditambah berbagai ketidakpastian yang masih menghantui.

“Bagaimana ibu mengurangi kecemasan yang ia hadapi. Dengan demikian, anggota keluarga khususnya anak-anak dapat menjadikan ibu sebagai role model yang senantiasa bahagia sekaligus tangguh”, ujar Senior Head of Brand Communications & Content MY BABY Selva Marsentiani baru-baru ini secara virtual.

Baca Juga: 7 Cara Hindari Stres dan Cemas Akibat Munculnya Mutasi Covid-19

Psikolog Tiara Puspita menjelaskan ibu kerap kali harus bersentuhan dengan berbagai macam tantangan, bahkan sebelum pandemi melanda. Kekhawatiran akan kesejahteraan anak, kurang istirahat, tidak cukup Me Time, serta berbagai permasalahan yang ibu hadapi di saat pandemi bisa membuat kewalahan.

“Karenanya, kemampuan menyadari pikiran, emosi dan apa yang ibu rasakan secara fisik dan mental pada momen saat ini, adalah kunci agar ibu mampu beradaptasi dan fokus pada apa yang bisa ia kendalikan, bukan pada hal-hal yang belum pasti”, ungkap

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads