alexametrics

6 Solusi Mengatasi Kaki Lecet Saat Pakai Sepatu Baru

3 Desember 2019, 10:10:04 WIB

JawaPos.com – Umumnya, sepatu baru akan menyebabkan luka lecet pada kaki. Kondisi itu bisa terjadi di bagian ujung kaki, mata kaki, atau pergelangan kaki.

Kondisi ini terjadi karena luka gesek yang terjadi pada kaki dan sepatu baru. Dilansir dari Pink Villa, Selasa (3/12), ada beberapa solusi mudah untuk mengatasi masalah ini.

 

1. Pasta Gigi

Pasta gigi mengandung bahan-bahan seperti mentol, hidrogen peroksida dan soda kue, yang berfungsi sebagai penyembuhan luka yang efektif. Jika lecet akibat sepatu begitu mengganggu, oleskan lapisan pasta gigi pada area yang sakit dan diamkan selama 30 menit. Cuci bersih dengan air hangat.

 

2. Es
Gosokkan es pada bagian yang sakit karena membantu mengurangi rasa sakit, gatal, dan sensasi terbakar. Es juga mengurangi pembengkakan yang disebabkan karena lecet.

 

3. Madu
Cukup olesi area yang lecet dengan madu. Setelah itu bilas dengan air hangat.

 

4. Lemon
Sifat asam dari lemon bertindak sebagai antiseptik alami dan membantu mengurangi rasa gatal. Lemon juga mengurangi kemungkinan bekas luka. Oleskan air lemon pada area yang terkena menggunakan kapas dan biarkan mengering. Kemudian bilas dengan air hangat.

 

5. Minyak Zaitun
Minyak zaitun adalah salah satu pelembab terbaik. Anda dapat memijat campuran minyak zaitun dan almond di area yang lecet. Diamkan selama 30 menit dan cuci bersih dengan air.

 

6. Tepung Beras
Tepung beras bisa sebagai scrub yang bagus dan menghilangkan bercak pada kulit mati. Oleskan pasta yang terbuat dari tepung beras dan air ke bekas luka lecet. Biarkan selama 15 menit dan kemudian cuci dengan air hangat.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads