alexametrics

3 Tips Padu Padan Aksesori dengan Busana Batik Versi Rinaldy Yunardi

3 Oktober 2019, 08:52:15 WIB

JawaPos.com – Berbusana batik dengan motif atau warna yang sudah ramai, terkadang membuat seseorang ragu untuk menambah aksesori pada penampilannya. Atau banyak juga yang tidak paham dalam memilih aksesori sehingga terkesan berlebihan atau too much.

Desainer Aksesori Rinaldy Yunardi memberikan tips bagi Anda yang ingin berbusana batik tetapi tetap ingin mengenakan aksesori. Kuncinya menurutnya adalah tergantung pada motif batik dan gayanya.

“Menurut saya boleh saja dipadupadankan dengan aksesori anting, kalung, gelang, brooch yang bergaya detail modern,” katanya kepada JawaPos.com, Rabu (2/10).

Karena desain dan gaya masing-masing orang berbeda, penempatan aksesori juga berbeda. Hal itu sesuai dengan preferensi dan kepribadian.

“Nah kan desainnya beda-beda. Cara penempatan motif juga beda-beda. Sekarang kan banyak yang mengeksplor kain batik dengan gaya masing-masing,” katanya.

1. Batik dan Perhiasan

Menurut Rinaldy, berbusana batik masih cocok jika ingin menambahkan perhiasan atau berlian yang sedikit glamor. Asalkan penempatannya tak terlalu berlebiha .

“Nah bila motif sudah ramai sebaiknya pakai aksesori anting saja,” ujarnya.

Contoh penggunaan aksesori pada busana batik yang dikenakan Titi Kamal. (Instagram Rinaldy Yunardi)

Salah satunya terlihat dari foto aktris Titi Kamal dalam posting Instagram milik Rinaldy. Dalam foto terlihat istri Christian Sugiono itu mengenakan batik warna cokelat karya busana Ivan Gunawan. Karema motifnya sudah cenderung ramai, maka Titi Kamal hanya menambahkan kesan glamor pada anting panjang karya Rinaldy Yunardi.

2. Batik dan Headpiece

Mengenakan batik juga bisa digabungkan dengan hiasan kepala (headpiece). Bentuknya macam-macam, bisa berupa tusuk konde, jepitan, atau hiasan rambut lainnya.

Dalam beberapa karya Rinaldy Yunardi saat berkolaborasi bersama desainer Iwan Tirta pada tahun 2017, terlihat Rinaldy Yunardi memberikan aksesori pada bagian kening para model. Berbentuk headpiece semacam hiasan yang menghiasi kening. Cocok dipakai untuk acara formal menambah kesan etnik.

3. Batik dan Kerudung

Rinaldy Yunardi menilai seseorang mengenakan kerudung atau jilbab akan terlihat manis saat mengenakan batik. Hanya saja dalam pemilihan kerudung harus disesuaikan dengan warna dan motif batik sehingga penampilan tidak terlalu heboh.

“Ya kalau buat yang berhijab, pakai kalung atau brooch juga boleh. Dan sebaiknya kerudungnya polos
ya. Semua tergantung dari style-nya, bebas berpadupadan asal jangan sampai too much,” tandasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads