alexametrics

Hari Batik Nasional, Jokowi Ikut Membatik di Solo

2 Oktober 2019, 16:10:05 WIB

JawaPos.com – Hari Batik Nasional 2019 berlangsung meriah di Solo, Jawa Tengah. Mengusung tema Membatik untuk Negeri, acara ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan lebih dari 500 pembatik, Rabu (2/10).

Jokowi juga menyempatkan diri ikut membatik di acara tersebut. Hal ini terlihat dalam unggahan Instastory Hari Batik Nasional hari ini.

Ketua Panitia Hari Batik Nasional 2019 Diana Santosa menjelaskan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap batik tradisional Indonesia sehingga pasar batik yang sudah sedikit menurun bisa bangkit kembali. Kehadiran Jokowi di acarea itu diharapkan bisa menjadi simbol dukungan terhadap keberlangsungan para pengrajin batik.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat pengrajin batik untuk terus berkreasi dan berkembang untuk kemajuan Batik Indonesia,” kata Diana.

Acara ini diselenggarakan di Istana Mangkunegaran. Pemilihan Istana Mangkunegaran, lanjut Diana, karena keraton merupakan salah satu tempat asal-usul batik. Solo sendiri adalah satu di antara kota batik di Indonesia.

“Kita juga bisa melihat bagaimana unsur heritage yang masih dipertahankan,” ujarnya.

Selain itu, Kementerian Perindustrian bersama dengan Yayasan Batik Indonesia juga menggelar pameran Pasar Batik Rakyat yang menghadirkan koleksi batik tulis dan cap dari berbagai provinsi dengan harga yang terjangkau. Yayasan Batik Indonesia juga akan meluncurkan buku Batik Indonesia, E-book Batik Indonesia, dan juga website Yayasan Batik Indonesia sebagai media untuk mengedukasi masyarakat umum tentang batik.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads