alexametrics

Ingin Pelihara Anjing di Rumah? Perhatikan 3 Syarat Utamanya

2 April 2019, 15:25:40 WIB

JawaPos.com – Sejumlah orang memiliki kecintaan atau hobi dalam merawat hewan. Ada yang sekadar menyukai hewan dengan cara membelai atau memberi makan. Tetapi banyak juga yang memutuskan untuk memelihara hewan. Sahabat terbaik untuk hewan peliharaan yang paling umum adalah anjing dan kucing.

Sayangnya, banyak orang ingin merawat hewan hanya semangat di awal saja. Seterusnya, hewan justru sakit-sakitan atau jarang diberi makan. Nah sebelum berpikir untuk memelihara hewan, maka harus mengetahui dulu syarat utamanya.

Pelatih anjing berpengalaman, Aang dari Chambaraya Dog Trainer menjelaskan binatang peliharaan adalah bagian dari keluarga, sehingga dan kualitas hidupnya harus diperhatikan sama seperti pemiliknya. Termasuk anjing, hewan peliharaan yang setia pada tuannya.

hewan peliharaan, cara memelihara hewan, syarat memelihara hewan,
Dokter Hewan drh. Elvinka Ruth dari Klinik Snips&Snaps menjelaskan syarat memelihara hewan (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

“Merawat anjing, membutuhkan komitmen. Mau jadi Dog Lovers atau Dog Owner? Jika ingin memelihara, maka harus komitmen dan konsisten. Jika tak bisa, maka lebih baik tak usah memelihara,” tukasnya dalam Diskusi Media yang diselenggarakan ProBalance, makanan ajing berkualitas dari PT Kino Pet World Marketing Indonesia, Senin (1/4).

Berikut tiga syarat utama yang perlu diperhatikan jika ingin merawat hewan terutama anjing,

Komitmen

Menurutnya syarat utama memelihara anjing atau binatang peliharaan apapun adalah komitmen. Karena banyak yang tidak konsisten, sehingga di tengah jalan berhenti memberikan yang terbaik untuk anjing peliharaannya.

Komitmen memelihara anjing diwujudkan dengan persiapan finansial untuk menyiapkan kandang yang lega dan bersih, komitmen untuk memberikan makanan terbaik, perawatan anjing secara rutin, hingga memberikan waktu mengajak anjing berinteraksi. Makanan anjing menjadi kebutuhan paling penting terkait kesehatan dan tumbuh kembang anjing peliharaan.

Nutrisi

Dokter Hewan drh. Elvinka Ruth dari Klinik Snips&Snaps mengatakan ada aspek yang harus diperhatikan saat memelihara anjing. Pertama, kebutuhan nutrisinya. Nutrisi penting untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anjing.

“Ciri-ciri anjing yang sehat adalah aktif dan lincah, nafsu makan baik, gigi bersih, rambut (bulu) bersih alias bebas kutu dan jamur, dan mengkilap. Selain itu bisa dilihat dari status fisiologisnya seperti suhu tubuh, nadi, frekuensi napas semuanya normal,” jelas drh. Elvinka.

Kesehatan Hewan

Jangan lupakan pula postur tubuh normal, berat badan anjing, dan kebersihan bagian tubuh yang tidak terlihat seperti gigi dan mulut, atau telinga. Telinga yang kotor bisa menjadi masalah. Bahkan pada kondisi yang ekstrem, ada anjing yang mengalami perubahan perilaku misalnya memakan kotoran sendiri (coprophagia). Biasanya akibat stress atau nutrisi dari makanannya tidak lengkap.

“Jadi makanan ini sangat memengaruhi pertumbuhan dan kesehatan anjing,” jelas drh. Elvinka.

Elvinka menambahkan, makanan seadanya memang tidak akan membuat anjing mati, tetapi kualitas hidupnya berkurang. Anjing pun tidak happy.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads
Ingin Pelihara Anjing di Rumah? Perhatikan 3 Syarat Utamanya