JawaPos Radar

Ladies, Yuk Rutin Deteksi Dini Kanker Payudara

29/03/2018, 13:00 WIB | Editor: Imam Solehudin
Kanker Payudara
Edukasi seputar kanker payudara di salah satu kampus di Surabaya. (Dok.JawaPos)
Share this

JawaPos.com - Penyintas kanker payudara yang tergabung dalam LovePink Shanti Persada menyesalkan masih kurangnya kesadaran para perempuan untuk melakukan deteksi dini kanker payudara. Padahal, setiap perempuan memiliki faktor risiko yang besar terkena kanker tersebut.

Shanti mengatakan, survei mencatat bahwa 50 persen perempuan mengetahui gerakan Periksa Payudara Sendiri (Sadari). Namun, kata dia, hanya sedikit perempuan yang melakukan gerakan itu secara rutin.

"Yang rutin melakukan itu setiap bulan cuma empat persen. Itu kan luar biasa," kata Shanti saat ditemui baru-baru ini.

Menurut Shanti, ada banyak kemungkinan alasan perempuan tidak melakukan pemeriksaan rutin. Terlebih, kanker payudara bisa menyerang siapa saja perempuan di berbagai usia.

"Nggak milih-milih mau umur berapa juga kalau sudah balig bisa terkena. Berarti kan ini sosialisasi, edukasi, informasi masih kurang," sesalnya.

Karena itu, Shanti dan kawan-kawannya dari LovePink merasa penting untuk mendampingi pasien penderita kanker payudara dalam mengarungi perjalanan pengobatannya.

Tak hanya itu, kata dia, LovePink selalu berupaya mengampanyekan pentingnya pencegahan kanker payudara.

"Dulu mungkin ngomongin pasien kanker payudara masih tabu, sekarang sudah semakin terbuka. Kita maunya semua perempuan memang sadar dengan tubuhnya sendiri," pungkasnya.

(put/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up