JawaPos Radar

Selain Kram Perut, Ada 6 Kondisi Saat Haid yang Sungguh Menyiksa

16/04/2018, 09:05 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Selain Kram Perut, Ada 6 Kondisi Saat Haid yang Sungguh Menyiksa
Selain keram perut, perempuan juga mengalami ketidaknyaman lainnya ketika menstruasi. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Saat haid, wanita biasanya merasakan sakit atau kram pada bagian perut. Apalagi ketika hari pertama menstruasi. Selain kram, ada lagi 'penderitaan' lainnya yang dialami kaum hawa saat sedang haid.

Dilansir dari Cosmopolitan, Minggu (15/4), ada enam kondisi lainnya yang dialami wanita saat haid. Kondisi itu membuat mereka tak nyaman dan ingin haid segera selesai.

Berat Badan

Menjelang haid biasanya seseorang jadi lebih nafsu makan hingga menggila. Dampaknya tentu bisa menaikkan berat badan. Lonjakan hormon progesteron (puncaknya tepat sebelum haid dimulai) adalah pemicunya. Maka nafsu makan yang menggila itu baru akan turun setelah beberapa hari haid.

Olahraga Terasa Lebih Berat

Progesteron adalah pengganggu besar. Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Trauma Rehabilitation menjelaskan hormon progesteron tinggi pada minggu sebelum haid, wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Itulah sebabnya rutinitas olahraga rutin dapat membuat seseorang merasa sakit lebih payah.

Migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah, diketahui terkait erat dengan hormon yang mengatur siklus menstruasi yakni estrogen dan progesteron. Migrain saat menjelang haid biasanya terjadi antara dua hari sebelum periode dimulai dan tiga hari setelahnya. Migrain disebabkan oleh PMS.

Ngidam Junk Food

Haid juga dapat mempengaruhi bahan kimia yang mengatur suasana hati. Dr. Deb Laino, seorang terapis seks berlisensi di Delaware, mengatakan kadar serotonin (hormon yang mengatur suasana hati) cenderung berkurang sebelum dimulainya haid. Tapi kortisol (hormon yang dilepaskan ketika stres) meningkat. Maka cortisol naik di bawah tekanan membuat wanita mengidam makanan asin dan gurih. Tinggi garam dan lemak seperti junk food.

Payudara Nyeri

Payudara mereka mulai nyeri dan membengkak. Kadang bisa terjadi selama satu minggu penuh dan tidak jarang ukuran bra bisa lebih besar. Rebecca Brightman, seorang ginekolog di New York City, mengatakan pembengkakan payudara terjadi karena (sekali lagi) meningkatnya tingkat progesteron. Dia menyarankan untuk mengatasinya dengan asupan kafein, kompres dengan kantong es atau bantal pemanas di dada, atau minum ibuprofen untuk membantu meringankan rasa sakit.

Sulit BAB

Saat menjelang haid, maka BAB menjadi sulit. Pada awal haid menyebabkan otot polos berkontraksi, memaksa lapisan uterus untuk mengelupas. Saluran pencernaan, yang sangat dekat rahim, juga dilapisi dengan otot polos. Maka demam prostaglandin dapat menyebabkan diare bagi beberapa orang atau sembelit.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up