JawaPos Radar

Yuk Bunda, Kembali Langsing Usai Melahirkan Dengan Cara Sehat

09/03/2018, 18:35 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Yuk Bunda, Kembali Langsing Usai Melahirkan Dengan Cara Sehat
Salah satu langkah sehat yang dilakukan perempuan usai melahirkan selain menjaga konsumsi makanan (Asianetindia.com)
Share this image

JawaPos.com - Pasca melahirkan banyak ibu baru masih memiliki lemak perut (Belly fat) yang membuat tubuh makin bervolume. Sehingga, memerlukan beberapa waktu untuk mengembalikan kondisi perut agar langsing sempurna.

Seperti dilansir healthy guide, Jumat (9/3), setelah kehamilan, perubahan hormonal tubuh menyebabkan rahim secara bertahap kembali ke bentuk normalnya. Umumnya, rahim biasanya membutuhkan sekitar 7-8 minggu agar balik seperti semula.

Sayangnya, makanan yang dikonsumsi selama kehamilan tersimpan menjadi lemak perut yang keras. Untuk mengembalikan kondisi perut yang langsing, ada beberapa langkah alami yang bisa diikuti para ibu baru.

1. Cukup Tidur

Ini adalah cara terbaik untuk mengurangi lemak perut. Jika istirahat berkurang bisa menyebabkan penumpukan toksin di dalam tubuh, yang berakibat pada peradangan. Bila tubuh mengalami peradangan, hal itu bisa membuat reseptor lemak berpindah ke daerah pusat dan molekul lemak disimpan di perut.

2. Pijat Tubuh

Ketika datang untuk mengurangi lemak perut tanpa pergi ke gym, pijat seluruh tubuh bisa sangat efektif. Karena itu, cobalah pijat perut untuk membantu mengecilkan lemak perut. Pijat akan membantu mendistribusikan lemak ke dalam tubuh dan juga memperbaiki metabolisme. Untuk hasil terbaik, lakukan seminggu sekali.

3. Hitung Kalori

Menghitung kalori membantu mendapatkan cukup kalori dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Gunakan aplikasi mobile yang bisa membantu menakar makanan yang di konsumsi sepanjang hari. Teknik ini dapat membantu memiliki ukuran yang tepat dan memilih makanan sehat, dan tentu saja, ini bermanfaat untuk mengurangi berat badan.

4. Makan Makanan Sehat
Selama periode ini, perlu mempertahankan diet agar bisa menghasilkan cukup susu. Susu harus dilengkapi dengan mikronutrien untuk membantu menjaga siklus metabolisme bayi dan meningkatkan perkembangan pasca kelahiran. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan sayuran berwarna-warni, sayuran berdaun hijau, buah cruciferous, protein tanpa lemak, dan rempah-rempah dalam makanan sehari-hari. Selain itu, kurangi asupan garam dan gula.

5. Hindari Makanan Olahan
Kita semua tahu bahwa makanan olahan seperti kue, keripik, permen, makanan panggang, makanan siap saji, dan sebagainya mengandung banyak garam dan gula. Bahkan, lemak tidak sehat dan kalori yang tinggi pun ada di dalamnya. Semuanya itu dapat menyebabkan lebih banyak lemak perut.

6. Minum Air yang Cukup
Minum cukup air sangat penting untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan minum 1 liter air per hari, wanita dengan berat badan berlebih bisa kehilangan hampir 2 kg dalam setahun. Selain itu, minum air putih juga bisa membantu mengurangi nafsu makan dan asupan kalori.

Apalagi untuk wanita menyusui, air minum sangat penting untuk penggantian cairan yang hilang melalui produksi susu. Karena itu, Anda harus minum 1-2 liter air setiap hari untuk membantu proses penurunan berat badan.

7. Konsumsi Makanan Kaya Serat
Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi lemak perut setelah kehamilan. Menurut sebuah penelitian, setiap 10 gram serat larut berkontribusi pada penurunan lemak perut 3,7 persen selama periode 5 tahun. Selain itu, mengkonsumsi serat larut juga bisa membuat merasa kenyang lebih lama dengan mengurangi kadar hormon kelaparan dan memperlambat pencernaan.

8. Hindari Gula dan Karbohidrat
Cara lain untuk mengurangi lemak perut setelah hamil adalah menghindari gula dan karbohidrat olahan. Gula dan karbohidrat olahan rendah nutrisi dan tinggi kalori berresiko menaikan berat badan, penyakit jantung, diabetes dan kanker yang lebih tinggi.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up