JawaPos Radar

Catat Ya Ladies, Lakukan 10 Langkah Mudah untuk Sehat Fisik dan Mental

07/03/2018, 10:00 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Catat Ya Ladies, Lakukan 10 Langkah Mudah untuk Sehat Fisik dan Mental
Ilustrasi kebiasaan sehat perempuan (Boldsky)
Share this

JawaPos.com - Dunia memperingati Hari Perempuan Internasional setiap 8 Maret. Saat ini, tak dimungkiri kalau perempuan memiliki peran ganda dalam kehidupannya. Mulai dari mengurus rumah tangga, berkarir, hingga melakukan aktivitas sosial. Karena itu, untuk tetap aktif menjalani tugasnya, perempuan harus sehat.

Bukan hanya sehat secara fisik, tapi juga mental atau jiwa agar perempuan bisa tetap tangguh, mandiri, dan setara dengan kaum adam. Untuk menggapai itu semua, ada sepuluh cara hidup sehat untuk perempuan dilansir dari Boldsky, Rabu (7/3).

1. Tidak Melewatkan Sarapan
Perempuan harus menjaga diri tetap fit dengan sarapan setiap hari. Mengonsumsi sarapan padat akan meningkatkan metabolisme tubuh dan memberi bahan bakar yang cukup. Bisa pilih menu bayam dengan telur atau membuat smoothie hijau untuk sarapan pagi.

Catat Ya Ladies, Lakukan 10 Langkah Mudah untuk Sehat Fisik dan Mental
Ilustrasi kebiasaan sehat perempuan (Boldsky)

2. Konsumsi Protein
Wanita sehat harus makan dengan baik saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Wanita seharusnya tidak membatasi makanan mereka dan harus makan kapan pun mereka lapar. Hanya saja, konsumsilah lebih banyak makanan ringan berbasis protein yang penuh dengan lemak sehat untuk membuat tubu tetap sehat.

3. Temukan Cara Kreatif untuk Tetap Aktif
Wanita harus menjaga diri tetap sehat misalnya dengan memilih naik tangga daripada lift. Lalu, saat berbelanja bahan makanan, bawalah tas belanjaan sendiri yang dapat menguatkan otot.

4. Tidur
Wanita harus menjaga kesehatan diri dengan tidak hanya makan makanan bergizi tapi juga tidur pada waktu yang tepat. Jika kurang tidur, maka tak akan maksimal menjalani hari.

5. Batasi Asupan Kafein
Wanita harus menjaga diri tetap fit dengan minum air sepanjang hari. Sebagai gantinya, jangan terlalu banyak minum secangkir kopi dan teh, sebab akan menyebabkan dehidrasi. Air atau jus buah bisa diminum lebih teratur.

6. Makan Permen dan Cokelat
Boleh saja makan permen dan cokelat untuk meningkatkan mood asal jangan berlebihan karena bisa menimbulkan kegemukan.

7. Tertawa
Tawa dapat membebaskan seseorang dari stres. Sebab saat stres, tubuh memicu pelepasan glukosa dan glukosa ekstra akan diubah menjadi insulin. Hal ini pada gilirannya akan disimpan sebagai lemak.

8. Cobalah Kegiatan Lain
Perempuan seharusnya tidak hanya pergi ke gym atau pusat kebugaran, tetapi juga harus mencoba kegiatan lain. Bertemu teman lama, berenang, jalan cepat, berkebun, olahraga, dan yoga sehingga akan menurunkan risiko penyakit jantung.

9. Keseimbangan
Wanita yang pandai menjaga diri mereka tetap tahu bahwa diet ekstrem tak akan maksimal. Jadi, agar tetap sehat dan sehat, maka perlu menyeimbangkan hidup dengan memilih gaya hidup yang masuk akal seperti diet gizi seimbang.

10. Bersosialisasi Lebih Sering
Sosialisasi efektif sebagai latihan mental dalam meningkatkan daya ingat dan kinerja, sehingga akan membuat seseorang lebih sehat secara mental.

(ika/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up