alexametrics

Tak Bersih, Ini Efek Samping Penggunaan Menstrual Cup

2 Maret 2019, 12:28:34 WIB

JawaPos.com – Memperhatikan kebersihan menstrual cup dengan cara pakai yang benar sangat penting untuk menghindari iritasi pada vagina. Termasuk, untuk menghindari kemungkinan penyakit Toxic Shock Syndrome yang bisa terjadi.

Toxic Shock Syndrome (TSS) adalah penyakit fatal yang disebabkan toksin bakteri S. aureus. Gejala penyakitnya seperti demam, hipotensi, kemerahan di kulit, mual muntah, sakit kepala, dan kejang.

“Studi terbaru secara in vitro, ditemukan bakteri S. aureus yang berkaitan dengan TSS dapat tumbuh pada cup,” kata Riyana Kadarsari, Sp.OG, seorang Gynecologist ketika ditemui di acara #NewPeriodIndonesia : Introduction To a Menstrual Cup di Conclave Wijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (23/2).

Ini Efek Samping Menstrual Cup Jika Tidak Memperhatikan Kebersihan
dr. Riyana Kadarsari, Sp.OG, Gynecologist, ketika ditemui di acara #NewPeriodIndonesia : Introduction To a Menstrual Cup, Conclave Wijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (23/2). (Inri Sembiring/JawaPos.com)

Menstrual cup disebut bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri S. aureus yang memproduksi oksigen ke dalam saluran vagina, sehingga jumlahnya meningkat dan memproduksi toksin. Menurut studi di Prancis, kuman pada menstrual cup berbahan TPE lebih sedikit dibandingkan dengan berbahan silikon.

Tetapi, jangan khawatir, menstrual cup aman dengan penggunaan yang tepat. Sebab, TSS masih terbilang jarang timbul karena penggunaan menstrual cup.

Menstrual cup sudah dipercaya puluhan tahun, hanya 2 kasus TSS yang ditemukan dan berkaitan dengan penggunaan lama (lebih dari 12 jam),” tambah Riyana Kadarsari, Sp.OG, seorang Gynecologist.

Untuk menghindari penyakit tersebut, Anda wajib untuk memperhatikan kebersihan dengan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasukkan menstrual cup. Kemudian, sterilisasi cup setelah periode menstruasi selesai dengan cara merebus selama 5-10 menit. Sangat disarankan tidak menggunakan menstrual cup lebih dari 12 jam secara terus menerus.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : Inriyani Sembiring

Tak Bersih, Ini Efek Samping Penggunaan Menstrual Cup