alexametrics

Menstrual Cup Jadi Solusi Atasi Iritasi Akibat Penggunaan Pembalut

2 Maret 2019, 14:40:29 WIB

JawaPos.com – Kaum hawa masih banyak yang ragu menggunakan menstrual cup dengan banyak alasan. Salah satunya adalah ketidaknyamanan. Namun, eberapa orang yang sudah memakai menstrual cup justri berpendapat sebaliknya.

Salah satunya adalah Gynecologist, dr. Riyana Kadarsari, Sp.OG, yang sudah menggunakan menstrual cup selama 8 tahun. Menurutnya, pengganti pembalut itu nyaman, tidak menyebabkan iritasi dan keputihan.

“Awalnya karena saya sudah lama tidak merasa nyaman dengan menggunakan pembalut sekali pakai, maupun yang cuci ulang. Saya sering mengeluhkan iritasi, keputihan, lecet, tidak nyaman saat berolahraga, dan tidak higienis,” kata dr. Riyana Kadarsari, Sp.OG, Gynecologist, ketika dihubungi oleh JawaPos.com, Jumat (1/3).

Menstrual Cup Jadi Solusi Atasi Iritasi Akibat Penggunaan Pembalut
Suasana talkshow #NewPeriodIndonesia : Introduction To a Menstrual Cup, Conclave Wijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (23/2). (Inri Sembiring/JawaPos.com)

Ditambah lagi, lanjutnya, penggunaan pembalut sekali pakai bisa berbahaya bagi orang lain, seperti pemulung atau tukang sampah). Oleh karenanya, Riyana memilih beralih pada menstrual cup.

Namun, awalnya Riyana mengaku memang masih alami kesulitan dalam memasukkan menstrual cup ke dalam vagina. Tetapi, perlahan menemukan teknik yang paling mudah.

Selain Riyana Kadarsari, mantan Puteri Indonesia sekaligus influencer Agni Pratistha juga merasakan hal yang sama. Dia sudah lama memakai pembalut jenis tampon karena menggunakan pembalut sekali pakai membuat kulitnya ruam.

“Ketemu temen ternyata dia pakai menstrual cup sudah cukup lama, dan akhirnya tertarik untuk coba,” kata Agni Pratistha, ketika ditemui di acara #NewPeriodIndonesia : Introduction To a Menstrual Cup, Conclave Wijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (23/2).

Akhirnya, Agni Pratistha sudah menggunakan menstrual cup selama 8 bulan belakangan ini. Masalah iritasinya pun hilang.

“Awalnya memang agak susah pakai sampai lihat caranya di YouTube,” pungkas Agni.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : Inriyani Sembiring



Close Ads
Menstrual Cup Jadi Solusi Atasi Iritasi Akibat Penggunaan Pembalut