alexametrics

Ini 5 Cara Pakai Menstrual Cup yang Benar sebagai Pengganti Pembalut

2 Maret 2019, 11:41:06 WIB

JawaPos.com – Banyak perempuan yang masih bingung cara memakai menstrual cup sebagai alternatif pembalut saat menstruasi. Perempuan Indonesia sudah terbiasa dengan pembalut dengan bentuk yang datar dan hanya sekali pakai.

Sementara menstrual cup berbentuk corong yang masih terbilang asing, sehingga dari segi cara memakainya masih sangat membingungkan. Berikut ini tips cara memakai menstrual cup yang benar, berdasarkan wawancara dengan dr. Riyana Kadarsari, Sp.OG, seorang Gynecologist.

1. Cuci Tangan yang Bersih

Ini 5 Cara Pakai Menstrual Cup Yang Benar pada Vagina
dr. Riyana Kadarsari, Sp.OG, Gynecologist, ketika ditemui di acara #NewPeriodIndonesia : Introduction To a Menstrual Cup, Conclave Wijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (23/2). (Inri Sembiring/JawaPos.com)

Pastikan tangan Anda dibersihkan sebelum memasukkan menstrual cup. Sebab, menstrual cup harus dimasukkan ke dalam vagina, sehingga sangat penting menjaga kebersihan tangan terlebih dahulu.

2. Lipat Menstrual Cup

Pilihlah cara melipat menstrual cup yang paling nyaman. Disarankan melipat hingga ujungnya lebih kecil sehingga dapat melewati hymen (selaput dara).

3. Gunakan Pelumas

Gunakan pelumas berbahan air atau minyak kelapa untuk memudahkan masuk. Setelah cup dilipat peganglah cup dengan kuat oleh jari dan dilumasi dinding dari cup.

4. Jongkok dan Rileks

Pakailah dengan rileks agar vagina Anda tidak tegang yang justru bisa menyulitkan proses memasukkan menstrual cup. Jongkoklah atau angkat satu kaki pada kursi kecil dan usahakan tetap rileks.

5. Buka Bibir Kemaluan

Buka bibir kemaluan secara perlahan dengan salah satu tangan dan masukkan menstrual cup perlahan ke dalam vagina.

“Pastikan untuk memasukkan mengikuti arah ke anus (belakang) mengikuti bentuk natural vagina,” kata dr. Riyana Kadarsari, Sp.OG, seorang Gynecologist, ketika dihubungi oleh JawaPos.com, Jumat (1/3).

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : Inriyani Sembiring



Close Ads
Ini 5 Cara Pakai Menstrual Cup yang Benar sebagai Pengganti Pembalut